kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Makanan Tinggi Kalsium selain Susu Sapi yang Aman untuk Lambung


Selasa, 10 Oktober 2023 / 08:09 WIB
7 Makanan Tinggi Kalsium selain Susu Sapi yang Aman untuk Lambung
ILUSTRASI. 7 Makanan Tinggi Kalsium selain Susu Sapi yang Aman untuk Lambung


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar makanan tinggi kalsium selain susu sapi yang aman untuk lambung. Konsumsi kalsium tentu bisa didapatkan salah satunya dengan meminum segelas susu sapi.

Kalsium adalah mineral penting yang diperlukan untuk kesehatan tulang, gigi, dan fungsi tubuh lainnya. Kalsium juga berperan dalam fungsi saraf, kontraksi otot, penggumpalan darah, dan banyak proses biologis lainnya.

Takaran kalsium yang dibutuhkan untuk tubuh bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan individu.

Tetapi, perlu diingat bahwa terlalu banyak kalsium juga bisa menjadi masalah. Kelebihan kalsium dapat menyebabkan gangguan pencernaan, gangguan ginjal, dan bahkan meningkatkan risiko batu ginjal.

Oleh karena itu, selalu penting untuk mematuhi rekomendasi asupan harian yang tepat untuk usia dan kondisi kesehatan.

Baca Juga: Catat, 8 Makanan yang Dihindari saat Sakit Jamur Kulit Meradang

Kebutuhan kalsium tinggi selain susu sapi

Susu sapi

Salah satu sumber kalsium tinggi bisa didapatkan dari susu sapi. Susu sapi memiliki rasio kalsium-fosfor yang baik, di mana kalsium dan fosfor bekerja bersama untuk menjaga keseimbangan mineral tubuh.

Susu sapi juga mengandung protein, vitamin D, dan laktosa yang membantu penyerapan kalsium lebih baik dalam tubuh.

Bahkan makanan ini punya tingkat penyerapan yang baik dalam tubuh manusia. Sekitar 30-35% kalsium pada susu sapi dapat diserap oleh saluran pencernaan.

Sebagai catat, sebagian besar manusia pada dasarnya memiliki intoleransi laktosa dengan tingkat yang berbeda-beda.

Anda bisa memperoleh kalsium tinggi lebih dari segelas susu sapi dilansir dari laman Eating Well.

Baca Juga: Ini 7 Daftar Buah untuk Mengatasi Jerawat Meradang yang Kaya Vitamin C

1. Susu kedelai

Tercatat, pada 1 cangkir susu kedelai yang diperkaya dengan 300 mg kalsium. Meskipun susu kedelai memiliki jumlah kalsium yang hampir sama dibandingkan susu sapi, ini merupakan satu-satunya alternatif susu nabati yang nutrisinya sebanding.

Seringkali ada tambahan nutrisi, seperti kalsium dan vitamin D, merupakan sumber protein yang baik (6 gram per cangkir) dan rendah lemak jenuhnya.

2. Ikan Salmon

Setiap porsi dari ikan salmon yang sudah diolah beserta tulang mengandung hingga 312 mg kalsium.

Anda akan mendapatkan kalsium dan vitamin D dari salmon, sebagian berkat tulangnya yang benar-benar lunak. Salmon merupakan ikan yang mengandung nutrisi lain dengan lemak omega-3 yang menyehatkan jantung dan vitamin B, potasium, dan selenium.

3. Keju mozzarella

Satu porsi keju mozzarella menyediakan kalsium sedikit lebih banyak dibandingkan satu gelas susu sapi. Beberapa mozzarella segar mungkin juga mengandung bakteri sehat, yang juga dikenal sebagai probiotik.

Bakteri tersebut juga dapat membantu mendukung sistem pencernaan dan kekebalan tubuh serta melawan peradangan dalam tubuh. 

4. Kacang almond

Dalam secangkir almond utuh mengandung hingga 385 mg kalsium (30% DV). Kacang almond utuh adalah sumber kaya kalsium yang juga mengandung lemak sehat, serat, magnesium, dan vitamin E.

Penting untuk dicatat bahwa meskipun 1 cangkir mengandung lebih banyak kalsium daripada secangkir susu sapi, ini jauh lebih banyak daripada ukuran porsi pada umumnya.

Segenggam almond bisa menjadi camilan bergizi dengan menyediakan sekitar 13 gram lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang sehat. Lemak tak jenuh ini mungkin berperan dalam menurunkan kadar kolesterol LDL total dan "jahat" serta mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Yogurt

Dalam secangkir yogurt tawar tanpa lemak mengandung 488 mg kalsium (38% DV). Seperti susu, yogurt tawar merupakan sumber kalsium yang sangat baik, dengan menyediakan lebih banyak kalsium untuk ukuran porsi yang sama seperti susu.

Anda bisa membuat yogurt tawar dengan menambahkan buah-buah untuk menambah kenikmatannya.

6.  Sayuran Hijau Tua

Sebagai makanan gizi yang seimbang memilih sayuran yang tinggi kalsium dari segelas susu juga bisa menjadi opsi.

Brokoli adalah sayuran hijau yang mengandung kalsium tinggi, selain juga mengandung vitamin K yang penting untuk kesehatan tulang. Selain itu, ada kale adalah sumber kalsium yang baik dan mengandung sejumlah besar vitamin K, vitamin C, dan serat.

7.  Kurma

Salah satu buah yang diklaim mengandung kalsium tinggi selain susu sapi adalah kurma. Buah ini mengandung kalsium dan sejumlah besar nutrisi seperti zat besi, potassium, dan serat.

Selalu konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk memastikan asupan kalsium yang memadai sesuai dengan kebutuhan individu.

Itulah sederet informasi makanan tinggi kalsium selain susu sapi yang bisa Anda konsumsi dengan rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×