7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Laki-Laki, Bisa Anda Coba

Rabu, 02 Maret 2022 | 15:39 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Laki-Laki, Bisa Anda Coba

ILUSTRASI. Cara meningkatkan kualitas sperma.


KONTAN.CO.ID - Kualitas sperma sangat penting diperhatikan oleh para laki-laki jika ingin segera menjalani program hamil bersama sang istri. Kesuburan seorang laki-laki bisa dilakukan dengan berbagai hal dan cara meningkatkan kualitas sperma. 

Terdapat beberapa tips meningkatkan kualitas sperma laki-laki. Salah satunya adalah menjalankan gaya hidup sehat dan mengurangi hal-hal yang tidak baik untuk kesehatan. 

Pasalnya, tubuh yang sehat akan menghasilkan kualitas sperma yang sehat pula, begitupun sebaliknya. Tidak sedikit para laki-laki yang mengalami masalah kesuburan akibat kualitas sperma yang kurang baik. 

Baca Juga: Waspada! 4 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan yang Perlu Anda Ketahui

Melansir Aspire Fertility, terdapat beberapa cara meningkatkan kualitas sperma laki-laki agar dapat menjadi lebih subur serta meningkatkan potensi kehamilan:

1. Berhenti merokok

Berhenti merokok merupakan cara yang bijak untuk meningkatkan kualitas sperma. Soalnya, merokok menurunkan jumlah sperma dan mengurangi mobilitasnya. 

Beberapa penelitian menunjukkan, tembakau dapat memengaruhi DNA dalam sperma serta meningkatkan risiko infertilitas dan risiko keguguran bagi pasangan Anda. 

2. Menghindari makanan dan minuman yang meningkatkan testosteron

Cara meningkatkan kualitas sperma selanjutnya adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang bisa meningkatkan hormon testosteron. Sebab, dapat menurunkan kualitas kesuburan Anda.

3. Konsumsi makanana sehat

Cobalah untuk menghindari junk food yang sarat dengan lemak, gula, dan pengawet untuk meningkatkan kualitas sperma Anda. Untuk membuat sperma Anda lebih kuat, Anda harus mencoba makan makanan yang sehat dan seimbang yang mengandung banyak nutrisi dan protein. 

Baca Juga: 6 Cara Diet Alami yang Mudah Dilakukan Tapi Efektif Menurunkan Berat Badan

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru