Waspada! 4 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan yang Perlu Anda Ketahui

Rabu, 02 Maret 2022 | 11:39 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada! 4 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Ilustrasi sakit perut sebelah kanan.


KONTAN.CO.ID - Kebanyakan orang mengira penyebab sakit perut sebelah kanan adalah gejala dari usus buntu. Hal tersebut tidak salah, namun ada beberapa penyebab lain jika Anda mengalami sakit perut sebelah kanan yang perlu Anda ketahui dan waspadai. 

Usus buntu adalah penyakit yang paling umum bisa menyebabkan sakit perut sebelah kanan. Selain itu, sakit perut sebelah kanan juga bisa menjadi tanda atau gejala berbagai penyakit lain. 

Rasa sakit perut sebelah kanan tersebut biasanya menjadi tanda ada gangguan organ yang berada di area sebelah kanan perut. Nyeri tersebut umumnya terjadi karena adanya peradangan. 

Baca Juga: 4 Cara Meluruskan Rambut Menggunakan Bahan Alami, Efektif Jadi Mudah Diatur

Ada beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan yang perlu Anda ketahui dan waspadai. Dilansir dari Healthline berikut penyebabnya: 

1. Usus Buntu 

Salah satu penyebab sakit perut sebelah kanan memang benar ada kemungkinan karena adanya radang usus buntu. 

Selain sakit perut sebelah kanan, peradangan usus buntu juga dapat menimbulkan gejala lain seperti kurang nafsu makan, demam, mual, hingga muntah-muntah. Jika Anda mengalami hal tersebut segeralah untuk memeriksa ke dokter atau tenaga media terdekat agar bisa segera ditangani.

2. Batu Ginjal 

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang perlu Anda waspadai adalah gejala batu ginjal. Adanya batu ginjal dapat menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan khususnya di antaran saluran kandung kemih dan ginjal. 

3. Kehamilan Ektopik 

Mengutip Healthline, kehamilan ektopik adalah salah satu jenis kehamilan yang terjadi di luar rahim. Hal tersebut dapat menimbulkan rasa sakit perut sebelah kanan, bahkan hingga pendarahan. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Bibir Kering Menggunakan Bahan-Bahan Alami

4. Menstruasi

Khususnya para wanita, jika Anda mengalami skait perut sebelah kanan, hal tersebut bisa disebabkan oleh menstruasi. Biasanya, selain sakit perut menstruasi juga menimbulkan gejala lain seperti mual, pusing dan lain-lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru