kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Makanan yang Buruk untuk Kesehatan Usus


Rabu, 17 Mei 2023 / 14:10 WIB
6 Makanan yang Buruk untuk Kesehatan Usus
ILUSTRASI. Gula halus salah satu jenis makanan yang buruk untuk kesehatan usus.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesehatan usus bisa dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ini enam makanan yang buruk untuk kesehatan usus.  

Selain mempengaruhi pencernaan, kesehatan usus juga mempengaruhi seluruh fungsi tubuh. 

Baca Juga: 6 Manfaat Jus Jeruk Nipis untuk Kesehatan Ibu Hamil

Mengutip FOOD NDTV, jika kesehatan usus terganggu bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, ginjal, dan kecemasan. 

Untuk menjaga usus tetap sehat dan bisa berfungsi secara maksima, Anda wajib menjalankan gaya hidup sehat. Menjaga pola makan juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. 

Selain kedua cara tersebut, Anda sebaiknya tidak sembarangan dalam mengonsumsi makan. Alasannya, makanan yang dimakan sehari-hari bisa mempengaruhi fungsi dan kesehatan usus.

Berikut makanan yang buruk untuk kesehatan usus: 

1. Gula halus 

Gula rafinasi bisa membahanyakan kesehatan usus, karena menghilangkan bakteri usus yang sehat dan menyebabkan peradangan pada tubuh. 

2. Pemanis buatan 

Tubuh tidak dirancang untuk memproses bahan buatan. Perlu Anda ketahui, pemanis buatan bisa memicu respon kekebalan yang menyebabkan peradangan. 

3. Makanan yang digoreng 

Gorengan yang dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Alasannya, makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh yang bisa mengeras di usus, sehingga sulit dicera. 

4. Minyak nabati 

Minyak nabati memiliki rasio asam lemak omega 6 dan omega 3 tinggi dan bisa menyebabkan kembung serta peradangan dan kerusakan pada lapisan usus. 

5. Makanan ultra olahan 

Konsumsi makanan ultra olahan dalam jumlah tinggi bisa mengubah mikrobiota usus dan menyebabkan peradangan. 

6. Alkohol 

Minum terlalu banyak alkohol memberikan dampak buruk untuk kesehatan usus. 

"Terlalu banyak alkohol bisa merusak lapisan usus dan meningkatkan produksi endotoksin. Ini juga bisa menyebabkan disbiosis atau pertumbuhan bakteri yang berlebihan yang bisa menyebabkan masalah seperti pencernaan yang buruk, asam lambung, dan pertumbuhan berlebih bakteri usus kecil," kata Lovneet , ahli nutrisi. 

Baca Juga: Jus ABC Efektif Menurunkan Berat Badan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×