kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Pipi dan Penyebabnya


Kamis, 16 Maret 2023 / 16:49 WIB
6 Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Pipi dan Penyebabnya
ILUSTRASI. Cara menghilangkan jerawat batu adalah mencuci muka di malam hari sebelum tidur dengan pembersih wajah yang lembut.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa cara menghilangkan jerawat batu. Jerawat batu adalah jerawat dengan ciri khas besar dan keras. 

Jerawat batu seringkali terasa sakit apabila disentuh. Karena ukurannya yang besar dan berwarna merah menyala, jerawat batu sulit ditutupi, meskipun dengan riasan tebal sekalipun. 

Jerawat batu disebabkan karena adanya penyumbatan akibat penumpukan sel kulit mati di dalam kulit. Bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit kemudian bisa menginfeksi kulit sehingga timbul benjolan besar. 

Baca Juga: Minum Kopi Bisa Menaikkan Kolesterol Jahat?

Dikutip dari Florida Medical Clinic, jerawat batu yang membandel dapat bertahan selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Cara menghilangkan jerawat batu di pipi pun tidak sesederhana mencuci muka setiap hari.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan jerawat batu di pipi?

Baca Juga: Ada Banyak Manfaat Manggis untuk Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Imunitas

Penyebab jerawat batu  

Jerawat batu adalah hasil dari penumpukan bakteri dan sebum (minyak kulit).

Sebelum mengetahui cara menghilangkan jerawat batu, maka sebaiknya Anda mencari tahu mengenai beberapa penyebab jerawat batu, diantaranya:

1. Penumpukan bakteri dan minyak

Jerawat batu adalah hasil dari penumpukan bakteri dan sebum (minyak kulit). Jerawat batu dapat dipicu oleh sejumlah faktor lingkungan, termasuk produk kosmetik dan perawatan wajah yang kita gunakan pada kulit. 

Mengenakan riasan atau pakaian ketat untuk waktu yang lama juga dapat memperburuk jerawat batu karena membuat kulit menjadi lembap, berkeringat, dan berminyak.

Baca Juga: Kenali 6 Bahaya Kandungan Alkohol untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

2. Makanan

Makanan juga tidak boleh diabaikan sebagai pemicu jerawat. Jika jerawat batu meradang saat Anda makan makanan tertentu, maka Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengobatinya.  

3. Hormon

Perubahan hormon, termasuk yang disebabkan oleh menopause, menstruasi, kehamilan, dan kondisi medis tertentu seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), dapat menjadi pemicu jerawat batu.

Baca Juga: Begini Cerita Munculnya Sejarah Hari Perawat Nasional

Selain itu, pasien yang menjalani terapi hormon juga dapat mengalami jerawat batu sebagai efek sampingnya.

Jika Anda menemukan bahwa jerawat batu hanya muncul saat siklus menstruasi atau saat hamil, atau setelah memulai terapi hormonal, itu mungkin disebabkan oleh fluktuasi hormon.

Baca Juga: Sepekan Jelang Ramadan, Harga Pangan Pokok dan Sayuran Merangkak Naik

4. Genetika

Genetika juga bisa menjadi penyebab jerawat batu. Jika salah satu atau kedua orang tua mengalami jerawat batu, maka faktor risiko Anda mengalaminya juga tinggi. 

Jerawat batu karena genetik biasanya muncul saat seseorang menginjak usia dewasa. Jerawat genetik cenderung sangat sulit dihindari, tetapi bukan berarti tidak dapat diobati. 

Namun dengan beragam pengobatan cara menghilangkan jerawat batu saat ini, hal itu bisa saja dihindari.

Baca Juga: Makanan Ini Bisa Memicu dan Memperburuk Gangguan Pencernaan

6 Cara menghilangkan jerawat batu

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi.

Ada beberapa cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi. Simak beberapa pengobatannya berikut ini:

1. Krim topikal

Cara menghilangkan jerawat batu yang pertama yakni menggunakan krim topikal. Krim topikal adalah krim yang dioleskan langsung di kulit maupun selaput lendir. 

Krim topikal yang bisa dicoba seperti retinoid atau adapalene. Adapalene adalah obat oles untuk mengatasi jerawat atau komedo ringan dan mencegahnya munculnya jerawat baru.

Baca Juga: Ada Beberapa Manfaat Buah Plum untuk Tubuh yang Sudah Teruji Klinis

2. Kompres air hangat

Kemudian, cara menghilangkan jerawat batu juga bisa menggunakan kompres air hangat untuk meredakan peradangan. 

Pastikan untuk menggunakan waslap yang bersih dan jangan menggunakan air yang terlalu panas. Ini dapat membantu mendorong nanah untuk muncul ke permukaan, tetapi jangan memencet jerawat begitu muncul.

Baca Juga: Bikin Keracunan dan Gangguan Pencernaan! 6 Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Mentah

3. Hapus riasan sebelum tidur

Selanjutnya, cara menghilangkan jerawat batu adalah hapus riasan setiap malam sebelum tidur. Selain itu, gunakan pembersih wajah yang lembut. 

4. Rajin cuci muka

Cara menghilangkan jerawat batu adalah mencuci muka setidaknya sekali sehari di malam hari sebelum tidur dengan pembersih wajah yang lembut. 

Jangan menggosok area jerawat dengan keras karena dapat semakin mengiritasi dan mengeringkan kulit.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes dan Tekanan Darah Tinggi

5. Jangan mengorek kulit

Kemudian, cara menghilangkan jerawat batu yakni jangan mengorek kulit untuk mengurangi iritasi dan mencegah penyebaran infeksi. 

Jika Anda secara tidak sadar menyentuh area yang teriritasi, coba tutupi jerawat dengan perban perekat dan jaga agar kuku Anda tetap pendek.

Baca Juga: Faktanya Anda Harus Rutin Mengganti Sikat Gigi, Ini Alasannya

6. Diet

Diet juga menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat batu. Ada bukti bahwa diet rendah glikemik dapat membantu meringankan jerawat. 

Sehingga mengurangi gula dan makanan tinggi glikemik lainnya seperti roti putih, kentang, dan pasta bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat batu. 

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat batu di pipi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×