6 Camilan Lezat yang Bisa Bikin Kolesterol Tak Berkutik

Rabu, 23 November 2022 | 08:16 WIB Sumber: Kompas.com
6 Camilan Lezat yang Bisa Bikin Kolesterol Tak Berkutik

ILUSTRASI. Ada sejumlah camilan terbaik untuk menurunkan kolesterol, ada edamame sampai popcorn.


KONTAN.CO.ID - Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko sejumlah penyakit berbahaya, termasuk serangan jantung dan stroke. Nah, berikut ini camilan terbaik untuk menurunkan kolesterol.

Biar terhindar dari penyakit berbahaya, Anda harus menjaga kadar kolesterol tetap berada di ambang normal. Salah satunya, dengan menjaga pola makan. 

Ada beberapa jenis makanan yang harus penderita kolesterol tinggi jauhi. Misalnya, daging merah berlemak, susu, metega, udang, dan minuman beralkohol. 

Selain itu, menjauhi gorengan. Hanya, hal ini biasanya agak sulit karena orang Indonesia sangat gemar menyantap gorengan, baik sebagai lauk maupun camilan. 

Tapi tenang, ada beberapa pilihan makanan lain yang bisa menggantikan gorengan sebagai camilan favorit. Apa saja? 

Baca Juga: Makanan kaya vitamin C ini bisa mengurangi asam urat

Camilan untuk menurunkan kolesterol tinggi 

Penderita kolesterol tinggi biasanya sudah menyadari pentingnya menjaga pola makan. Sayangnya, hal ini sulit mereka lakukan, khususnya jika sedang berada di luar jam makan utama. 

Umumnya, penderita kolesterol tinggi tidak terlalu teliti memilih camilan di sela-sela jam makannya. Misalnya, makan lebih banyak gorengan, makanan cepat saji, atau es krim tinggi lemak. 

Tanpa disadari, hal ini berdampak pada kadar kolesterolnya. Ubah kebiasaan ini dan konsumsi lebih banyak camilan berikut yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, mengutip Eatthis:

1. Kacang pistachio dan apel 

Kombinasi kacang pistachio dan beberapa iris apel akan menjadi camilan yang enak dan menyehatkan. 

Apel mengandung serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol sedangkan kandungan pitosterol pistachio telah terbukti meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik). 

Baca Juga: Selain obat, makanan ringan ini bisa membantu menurunkan kolesterol

Edamame 

Kedelai hijau ini cocok dijadikan camilan bagi penderita kolesterol. Anda bisa menikmatinya, baik dengan cara direbus ataupun dipanggang sebentar di dalam oven.

Baca Juga: Mengenal perbedaan gejala gula darah rendah dan tinggi, penting buat Anda

"Edamame adalah makanan ringan kedelai yang belum diproses yang bisa membantu menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida karena mengandung serat larut dan Beta-Conglycinin," kata ahli diet kardiologi Michelle Routhenstein. 

Beta-Conglycinin bekerja untuk menurunkan kadar trigliserida dengan meningkatkan sensitivitas liver terhadap insulin. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru