kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Rempah & Bumbu Dapur Ini Bisa Mengecilkan Perut Buncit yang Mengganggu Penampilan


Kamis, 13 Oktober 2022 / 07:06 WIB
5 Rempah & Bumbu Dapur Ini Bisa Mengecilkan Perut Buncit yang Mengganggu Penampilan
ILUSTRASI. Para ahli mempercayai bahwa beberapa rempah dan bumbu dapur bisa membantu mempercepat proses penurunan berat badan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Salah satu hal yang mengganggu penampilan seseorang adalah perut buncit. Selain itu, lemak di perut ternyata juga membawa sejumlah dampak buruk. 

Lemak visceral, lemak yang tersembunyi di dalam perut, melingkari organ-organ pencernaan termasuk hati dan usus. 

Dilansir dari Healthdirect, jenis lemak ini sangat berbahaya bagi tubuh karena menghasilkan bahan kimia dan hormon yang bisa menjadi racun. 

Risiko kesehatan akibat terlalu banyak lemak visceral dalam perut termasuk penyakit jantung dan stroke. Sayangnya, mengecilkan perut buncit bukan perkara mudah dan membutuhkan upaya ekstra. 

Kendati begitu, para ahli mempercayai bahwa beberapa rempah dan bumbu dapur bisa membantu mempercepat proses penurunan berat badan dengan target utama pengurangan lemak perut. 

Lantas, apa saja rempah yang bisa mengecilkan perut buncit? 

1. Lemon 

Bukan golongan rempah, tetapi lemon merupakan salah satu bumbu dapur yang membantu memusnahkan lemak perut. Pasalnya, lemon mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi. 

Kedua kandungan itu membantu menurunkan berat badan sekaligus memperbaiki sistem pencernaan. Buah asam ini juga memiliki sifat diuretik, berguna untuk detoksifikasi tubuh sehingga membantu proses pembakaran lemak. 

Menurut pakar kesehatan, minum air lemon bermanfaat meningkatkan metabolisme tubuh dengan menginduksi thermogenesis, proses metabolisme di mana kalori dibakar untuk menghasilkan panas.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dihidari Bila Ingin Sukses Menurunkan Berat Badan

2. Kunyit 

Dikutip dari Mirror, penelitian yang terbit dalam National Library of Medicine membuktikan, kunyit membantu menurunkan berat badan seseorang. Hal ini karena adanya kandungan kurkumin dalam kunyit. 

Penelitian menganalisis penurunan berat badan dan penggunaan kurkumin di lebih dari 1.604 individu. 

Secara keseluruhan, mereka menemukan bahwa asupan kurkumin berkorelasi dengan penurunan indeks massa tubuh (BMI) dan berat badan yang signifikan. 

Baca Juga: Catat 8 Olahraga yang Cepat Menurunkan Berat Badan, Yuk Coba




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×