5 Pilihan obat kolesterol yang berasal dari bahan alami

Jumat, 03 September 2021 | 10:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Pilihan obat kolesterol yang berasal dari bahan alami

ILUSTRASI. Obat kolesterol perlu Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada berbagai macam cara menurunkan kolesterol yang bisa Anda jadikan pilihan. Salah satunya adalah mengonsumsi obat kolesterol yang berasal dari bahan-bahan alami. Dengan rutin mengonsumsinya, jumlah kolesterol dalam tubuh bisa berkurang.

Pilihlah bahan alami yang mengandung sedikit garam, gula, dan lemak. Jenis makanan yang kaya akan kandungan itu justru bisa memperparah jumlah dan efek kolesterol dalam tubuh Anda. Jika Anda terus mengonsumsinya, bukan tidak mungkin kolesterol mengganggu aliran darah.

Akibatnya, tekanan darah naik sehingga risiko penyakit jantung pun bertambah. Alih-alih mengonsumsi pantangan kolesterol tersebut, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang bernilai gizi tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh.

Web MD (webmd.com) merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, asam lemak omega-3, dan kalsium. Selain makan bahan alami ini secara teratur, usahakan untuk tetap rutin kontrol ke dokter supaya kondisi tubuh tetap terpantau.

Baca Juga: Ampuh meredakan asam urat, ini sederet manfaat suruhan untuk kesehatan

Biji Utuh

Obat kolesterol pertama yang perlu Anda konsumsi adalah biji-bijian utuh, seperti oatmeal, quinoa, dan lain sebagainya. Jenis makanan itu mengandung banyak serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat.

Produk Olahan Susu

Susu, yogurt, dan produk olahan susu yang lain termasuk dalam daftar obat kolesterol alami. Alasannya tentu saja karena kalsium yang terkandung di dalamnya. Namun, jangan lupa untuk memilih produk olahan susu rendah lemak, ya.

Asam Lemak Omega-3

Ada banyak jenis makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Misalnya, ikan tuna, ikan salmon, kacang kenari, dan lain-lain. Asam lemak omega-3 juga bisa Anda dapat dalam bentuk suplemen. Sebelum rutin mengonsumsinya, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter agar mendapat dosis yang tepat.

Baca Juga: 8 Makanan yang bisa membantu mengontrol dan menurunkan gula darah tinggi

Buah dan Sayur

Buah dan sayur berguna sebagai obat kolesterol.

Rutin mengonsumsi buah dan sayur juga bisa menurunkan kolesterol, lo. Melansir Web MD, kebanyakan buah dan sayur mengandung sedikit lemak. Bahkan, beberapa jenis buah dan sayur tak mengandung kalori sama sekali. Buah dan sayur yang bisa Anda coba adalah bayam, jeruk, apel, dan lain sebagainya.

Daging

Daging termasuk bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat kolesterol. Namun, hindari mengonsumsi daging dengan kulit atau sumber lemak yang lain, ya. Jika Anda ingin makan daging sapi, cobalah untuk makan bagian sirloin atau tenderloin.

Selanjutnya: Catat! Ini 7 penyebab gula darah rendah yang tidak boleh disepelekan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru