kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,04   7,69   0.83%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Pantangan Asam Urat yang Penting Untuk Dipatuhi, Apa Saja?


Senin, 10 April 2023 / 12:29 WIB
5 Pantangan Asam Urat yang Penting Untuk Dipatuhi, Apa Saja?
ILUSTRASI. Minuman manis adalah salah satu pantangan asam urat yang penting dipatuhi.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa pantangan asam urat yang sangat penting untuk dipatuhi. Pasalnya, jika abaikan mengkonsumsi makanan sembarangan bisa memperburuk penderita asam urat sendiri.

Asam urat umumnya disebabkan muncul karena gaya hidup yang tidak sehat. Untuk itu, cara yang paling ampuh untuk mengobati asam urat sendiri adalah dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya Anda harus menghindari pantangan-pantangan yang bisa meningkatkan jumlah asam urat menjadi lebih parah.

Baca Juga: 5 Manfaat Kentang Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui Saat Puasa

Melansir dari On Health, ada beberapa pantangan asam urat yang perlu dihindari, di antaranya sebagai berikut: 

1. Daging Merah 

Jika Anda gemar mengkonsumsi daging, mulai sekarang harus berhati-hati khususnya jika Anda mempunyai penyakit asam urat. Sama halnya dengan seafood, mengkonsumsi daging merah juga dapat memperburuk kondisi asam urat yang Anda alami.

Baca Juga: Terbukti Secara Klinis, Ini 8 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan Tubuh

2. Ikan 

Pantangan asam urat selanjutnya yaitu ikan. Ada beberapa ikan yang harus dihindari bagi penderita asam urat, salah satunya ikan tuna. Untuk itu, cobalah untuk tidak mengkonsumsi ikan secara berlebihan. 

3. Seafood 

Seafood adalah salah satu pantangan yang benar-benar harus dihindari bagi Anda yang menderita asam urat. Pasalnya, seafood mengandung banyak purin yang mampu memperburuk asam urat Anda. 

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Cempedak bagi Kesehatan yang Sudah Terbukti Secara Klinis

4. Minuman Beralkohol 

Mengkonsumsi minuman beralkohol juga merupakan salah satu pantangan asam urat yang sangat harus dihindari. Selain dapat memperburuk kondisi penyakit asam urat, mengkonsumsi minuman beralkohol juga tidak baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

5. Makanan dan Minuman Manis 

Makanan dan minuman manis juga harus Anda hindari jika menderita asam urat. Pasalnya, makanan dan minuman manis termasuk pantangan asam urat yang harus dihindari. 

Selain dapat memperburuk asam urat, makan dan minuman manis juga mempunyai risiko tinggi meningkatkan kadar gula darah dan diabetes.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×