kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Makanan yang Pantang Dimakan oleh Penderita Asam Urat Selain Emping Melinjo


Selasa, 28 Maret 2023 / 04:15 WIB
7 Makanan yang Pantang Dimakan oleh Penderita Asam Urat Selain Emping Melinjo
ILUSTRASI. Salah satu pantangan penderita asam urat adalah tidak makan emping melinjo karena mengandung purin tinggi. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita asam urat memiliki sejumlah makanan pantangan yang dilarang untuk dimakan. Salah satu pantangan penderita asam urat adalah emping melinjo. Kenapa penderita asam urat dilarang makan emping melinjo?

Seperti diketahui, penderita asam urat tinggi wajib menjalankan pola makan sehat dan diet rendah purin untuk mencegah penyakit kambuh. Apabila kebiasaan makan sembarangan tidak dikontrol, penderita bisa merasakan gejala penyakit kambuh seperti sendi nyeri, bengkak, dan ruam kemerahan.

Simak penjelasan kenapa penderita asam urat dilarang makan emping melinjo dan makanan pantangan lainnya.

Untuk mencegah penyakit kambuh, penderita asam urat tinggi sebaiknya tidak boleh makan emping melinjo dan makanan tinggi purin lainnya. Dilansir dari laman resmi Rumah Sakit Umum Pusat Dr Kariadi, emping melinjo termasuk makanan tinggi purin yang menjadi pantangan untuk penderita asam urat.

Dalam 100 gram emping melinjo, kandungan purinnya bisa mencapai 150—800 miligram. Mengonsumsi asupan yang banyak mengandung purin bisa membuat tubuh memproduksi asam urat berlebih untuk memecah purin.

Baca Juga: Jus Buah Ini Efektif Menurunkan Asam Urat Tinggi

Perlu diketahui, purin adalah zat kimia yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Tapi, terkadang zat kimia ini juga terkandung dalam makanan atau minuman tertentu.

Dikutip dari buku Atasi Rematik dan Asam Urat ala Hembing oleh Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma, penderita asam urat perlu menjalani diet rendah purin dengan batas aman konsumsi maksimal 150 miligram per hari. Mengingat kandungan purin dalam emping melinjo tinggi dan mendekati batas aman konsumsi purin per hari, ada baiknya penderita asam urat tidak boleh makan camilan ini.

Makanan pantangan yang tidak boleh dimakan penderita asam urat

Ada beberapa makanan tinggi purin yang menjadi pantangan dan sebaiknya tidak dikonsumsi atau dibatasi penderita asam urat, yakni:

  1. Jeroan
  2. Kaldu daging
  3. Sosis, burger, smoked beef, kornet, dan daging olahan lainnya
  4. Bebek dan burung
  5. Ikan sarden, makerel
  6. Makanan laut seperti udang, cumi, kerang
  7. Minuman beralkohol

Selain tidak boleh makan emping melinjo, penderita asam urat sebaiknya juga menghindari beberapa makanan pantangan yang tinggi purin di atas. Imbangi diet rendah purin di atas dengan kebiasaan banyak minum air putih dan cairan. Dengan hidrasi yang cukup, tubuh bisa mengeluarkan asam urat lewat urine.

Itulah daftar makanan pantangan penderita asam urat. Jangan biarkan asam urat kambuh gara-gara tidak bisa menjauhi makanan pantangan di atas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sakit Asam Urat, Apa Boleh Makan Emping Melinjo?",

Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×