Kecantikan & Kebugaran

5 olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan

Minggu, 20 September 2020 | 09:45 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menerapkan diet sehat, olahraga juga bisa jadi cara menurunkan berat badan terbaik yang bisa Anda lakukan. Selama melakukan kegiatan itu, ada banyak kalori yang bisa terbakar. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk mencegah penyakit dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Jalan

Jenis olahraga untuk menurunkan berat badan pertama yang bisa Anda coba adalah jalan. Bagi yang belum terbiasa, jalan adalah olahraga pemula yang tidak menyebabkan otot kram dan tidak membutuhkan perlengkapan apapun.

Harvard Health mengatakan, seseorang dengan berat badan 70 kg mampu membakar 167 kalori tiap berjalan 30 menit dengan kecepatan 6.4 km per jam.
Usahakan untuk berjalan selama 30 menit untuk tiga hingga empat minggu pertama. Seiring berjalannya waktu, Anda bisa menambah intensitas olahraga.

Jogging

Cara menurunkan berat badan juga bisa Anda lakukan dengan jogging. Mengutip dari Healthline, seseorang dengan berat badan 70 kg bisa membakar 298 kalori tiap jogging selama 30 menit dengan kecepatan 8 km per jam.

Jogging juga bermanfaat untuk membakar lemak di sekitar perut. Jadi, resiko penyakit kronis juga ikut menurun. Mulailah melakukan jogging selama 20 hingga 30 menit untuk tiga hingga empat minggu pertama. Setelah itu, intensitasnya bisa Anda tambah.

Baca Juga: Aman Anda lakukan, inilah cara menurunkan berat badan alami

Bersepeda

Bersepeda bisa jadi opsi olahraga lain untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Harvard Health memperkirakan, seseorang dengan berat badan 70 kg mampu membakar 260 kalori saat bersepeda dengan kecepatan 19 – 22.4 km per jam selama 30 menit.

Bersepeda memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika dilakukan secara rutin, bersepeda bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan resiko penyakit jantung, kanker, dan kematian jika dibandingkan dengan orang yang tak terbiasa bersepeda.

Latihan Beban

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga selanjutnya adalah latihan beban. Selain efektif membakar kalori, latihan beban juga mampu membentuk dan meningkatkan pertumbuhan otot. Melansir dari Healthline, latihan beban sebanyak tiga kali dalam seminggu selama 11 menit mampu membakar 125 kalori.

Baca Juga: 4 minuman penurun berat badan terbaik

Berenang

Harvard Health memperkiran, seseorang dengan berat badan 70 kg mampu membakar 233 kalori saat berenang selama 30 menit. Penelitian yang melibatkan wanita berusia 24 tahun menunjukkan manfaat berenang.

Selain digunakan sebagai cara menurunkan berat badan, olahraga ini mampu meningkatkan kelenturan tubuh dan mengurangi resiko penyakit jantung. Healthline mengatakan bahwa berenang cocok dilakukan bagi orang-orang yang memiliki sendi.

Selanjutnya: 5 Cara melangsingkan badan tanpa diet

Editor: Belladina Biananda


Terbaru