Kecantikan & Kebugaran

5 Cara melangsingkan badan tanpa diet

Jumat, 11 September 2020 | 10:39 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Cara melangsingkan badan tanpa diet

ILUSTRASI. Rutin olahraga bisa jadi cara melangsingkan badan tanpa diet. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/17.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara melangsingkan badan bisa Anda lakukan untuk mendapat berat badan ideal. Daripada diet dan menghindari semua makanan favorit, Anda bisa lakukan cara menurunkan berat badan dengan mengubah kebiasaan sehari-hari.

Tidur

Cara melangsingkan badan bisa dilakukan dengan mencukupi waktu tidur yang Anda butuhkan. Tidur adalah cara alami untuk memperbaiki mental dan fisik Anda. Mengutip dari Real Buzz, kurang tidur dapat meningkatkan ghrelin dan menurunkan produksi leptin.

Ghrelin adalah hormon penambah nafsu makan, sedangkan leptin adalah hormon yang membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, kurang tidur mengganggu motivasi untuk olahraga dan tingkat stres, serta meningkatkan kortisol, hormon yang menstimulasi rasa lapar.

Cara melangsingkan badan suit dilakukan jika Anda kurang tidur karena Anda menjadi makan lebih banyak. Penelitian di Columbia University menunjukkan bahwa mereka yang cukup tidur mengonsumsi 300 kalori lebih sedikit daripada yang kurang tidur.

Baca Juga: Ingin berat badan turun? Lakukan cara diet yang benar ini

Sarapan

Tidak melewatkan sarapan bisa jadi cara melangsingkan badan tanpa diet. Sarapan akan membuat Anda tidak mudah merasa lapar sehingga Anda tak banyak mengonsumsi makanan ringan. Cara melangsingkan badan ini bisa menstimulasi metabolisme tubuh agar bisa bekerja efektif sepanjang hari.

Makan Secara Perlahan

Real Buzz merekomendasikan cara melangsingkan badan dengan makan perlahan. Anda mulai merasa kenyang minimal setlah 20 menit. Jadi, memperlambat kecepatan makan bisa membuat Anda lebih kenyang.

Cara melangsingkan badan ini juga bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan memecah makanan sebelum disalurkan ke organ pencernaan lainnya. Seseorang yang mengunyah makanan 40 kali mengonsumsi 12 kalori lebih sedikit daripada orang lain yang mengunyah makanan 15 kali.

Baca Juga: 5 Cara menurunkan berat badan secara alami lewat kebiasaan sehari-hari

Sering Makan

Anda bisa melakukan cara melangsingkan badan dengan sering makan. Anda bisa membagi porsi tiga makan besar dalam lima kali makan. Cara melangsingkan badan ini akan menghindarkan Anda dari rasa lapar.

Selain itu, sering makan juga mampu menstimulus metabolisme tubuh lebih baik. Meski tanpa diet, cara melangsingkan badan ini cukup efektif untuk membakar makanan dalam tubuh.

Olahraga

Bila Anda tetap ingin mengonsumsi makanan favorit, cara melangsingkan badan yang perlu dilakukan adalah olahraga. Olahraga efektif untuk menurunkan berat badan serta meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Rutin melakukan olahraga membakar banyak kalori dan membuat bentuk tubuh menjadi lebih bagus. Real Buzz merekomendasikan olahraga kardio dan resistance training untuk menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kardiovaskular, memperbesar otot, dan mengurangi penyimpanan lemak.

Selanjutnya: 5 Cara diet alami yang aman dilakukan setiap hari

Editor: Belladina Biananda


Terbaru