Tips Sehat

4 minuman penurun berat badan terbaik

Kamis, 13 Agustus 2020 | 13:01 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 minuman penurun berat badan terbaik

ILUSTRASI. Anda bisa mengonsumsi teh hijau sebagai minuman penurun berat badan. REUTERS/Shamil Zhumatov

KONTAN.CO.ID - Minuman penurun berat badan bisa Anda jadikan solusi atas permasalahan berat badan Anda yang berlebihan. Anda bisa mengonsumsi minuman yang rendah kalori untuk meningkatkan metabolisme, mengontrol nafsu makan, dan menstabilkan gula darah.

Menurut Prevention, ada beberapa minuman penurun berat badan yang bisa Anda coba. Tentu saja, minuman-minuman ini tidak bisa memberikan efek dalam jangka waktu singkat. Namun, Anda bisa jadi lebih sehat selama proses menurunkan berat badan.

Nah, melansir Prevention, berikut minuman penurun berat badan yang bisa Anda jajal:

Teh hijau

Ada dua kandungan utama dalam teh hijau sebagai minuman penurun berat badan. Kandungan tersebut adalah kafein dan antioksidan. Kafein bisa menstimulasi pengeluaran kalori dan meningkatkan performa saat olahraga.

Sedangkan antioksidan dalam teh hijau, yaitu epigallocatechin gallate atau EGCG, bisa meningkatkan metabolisme. Hal itu bisa membantu pemecahan lemak dalam tubuh. 

Baca Juga: Resep infused water untuk mengecilkan perut yang wajib Anda coba

Air lemon

Memang, Prevention menyebutkan, air lemon masih belum terbukti untuk meningkatkan metabolisme atau sebagai detoksifikasi. Namun, minuman penurun berat badan ini bisa dijadikan opsi untuk menambah rasa minuman.

Menambahkan beberapa tetes air lemon dalam air yang Anda minum bisa membuat rasanya lebih enak. Anda tidak perlu khawatir akan kalori karena air lemon memiliki kalori yang rendah.

Air lemon juga kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan imunitas tubuh, penyerapan zat besi, dan mengurangi resiko kanker.

Teh jahe

Minuman penurun berat badan lainnya adalah teh jahe. Kandungan antioksidan dan antiinflamasi dalam teh jahe bisa mencegah kerusakan kardiovaskular yang menjadi penyebab obesitas.

Baca Juga: Cara mengurangi nafsu makan dan ngemil, cocok untuk yang sedang diet

Gingerol dalam jahe juga bisa meningkatkan jumlah gula darah dan mengurangi lemak jenuh dalam tubuh. Mengutip Prevention, hasil penelitian menunjukkan, mengonsumsi minuman penurun berat badan ini sebelum makan bisa membuat perut menjadi lebih mudah kenyang.

Cuka apel

Asam asetat dalam cuka apel adalah kunci minuman penurun berat badan ini. Asam asetat mampu meningkatkan metabolisme, menurunkan jumlah insulin, dan mengurangi nafsu makan. 

Menambahkan satu sendok makan cuka apel dalam minuman bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Namun, jangan terlalu sering mengonsumsi minuman penurun berat badan yang asam, ya. Sebab, bisa merusak gigi dan memperburuk rasa panas dalam perut.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru