Kesehatan Umum

5 Obat flu alami yang mudah ditemukan

Jumat, 16 Oktober 2020 | 12:02 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Obat flu alami yang mudah ditemukan

ILUSTRASI. Madu bisa dimanfaatkan sebagai obat flu alami.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Flu bisa membuat tubuh terasa tak nyaman. Selain membuat hidung tersumbat, flu biasanya juga dibarengi dengan demam, tubuh yang menggigil dan kedinginan, serta otot yang terasa nyeri. Anda bisa meredakan gejala tersebut dengan obat flu alami berikut ini.

Sup Ayam

Melansir dari Healthline (healthline.com), mengonsumsi semangkuk sup ayam dengan sayur bisa memperlambat pergerakan neutrofil. Neutrofil adalah bagian dari sel darah putih yang menjaga tubuh dari serangan infeksi.

Pergerakan neutrofil yang melambat akan membuatnya berkumpul di bagian tubuh yang paling membutuhkan pertolongan untuk melawan penyakit. Selain itu, sup ayam juga berfungsi untuk menghidrasi tubuh dan mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan atas.

Jahe

Jahe juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat flu alami. Caranya, rebus beberapa iris jahe kemudian minum air rebusan itu untuk mengatasi gejala flu, seperti sakit tenggorokan dan batuk. Tak hanya itu, jahe juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan mual akibat flu.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan pilek secara efektif

Madu

Healthline mengatakan bahwa madu mengandung antibakteri dan antimikroba. Anda bisa mengonsumsi madu yang dicampur dengan air lemon agar tenggorokan Anda tak sakit lagi. Bahan alami ini juga bisa meredakan batuk yang Anda alami.

Hasil sebuah penelitian menunjukkan, batuk anak-anak berkurang saat mereka mengonsumsi 1- g madu sebelum tidur. Dengan begitu, tidur atau waktu istirahat yang dimiliki menjadi lebih maksimal karena tak terganggu gejala flu.

Namun, pastikan untuk tidak memberikan madu pada anak yang masih berusia di bawah satu tahun, ya. Sistem imun tubuh anak biasanya belum mampu melawan botulinum spores yang dapat menyebabkan keracunan.

Vitamin C

Saat terserang flu, sistem imun tubuh memerlukan dukungan dari nutrisi lain agar tetap kuar. Hal itu bisa dilakukan oleh vitamin C. Selain menguatkan sistem imun tubuh, vitamin C juga mampu mengatasi masalah pernapasan atas.

Baca Juga: 6 Cara mengobati batuk kering dengan bahan alami

Ada banyak sumber vitamin C yang bisa Anda konsumsi. Misalnya, jeruk, lemon, anggur, dan buah atau sayur lainnya. Anda juga bisa mencampurkan lemon dengan teh dan meminumnya dalam keadaan hangat atau dingin untuk meredakan flu.

Bawang Putih

Obat flu alami bisa terbuat dari bawang putih.

Obat flu alami lainnya yang bisa Anda coba adalah bawang putih. Bahan alami ini mengandung allicin yang berfungsi sebagai antimikroba sehingga tingkat keparahan flu bisa menurun. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hasil tersebut.

Selanjutnya: Penyebab tenggorokan gatal, obat dan cara mencegahnya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru