Kesehatan Umum

6 Cara mengobati batuk kering dengan bahan alami

Selasa, 29 September 2020 | 12:39 WIB   Reporter: Belladina Biananda
6 Cara mengobati batuk kering dengan bahan alami

ILUSTRASI. Beberapa bahan alami bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati batuk kering.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain terjadi setelah mengalami flu atau pilek, batuk kering juga bisa disebabkan oleh hal lain. Mulai dari menghirup udara kering, GERD, asma, alergi, dan lain sebagainya. Beberapa jenis bahan alami bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati batuk kering.

Minuman Hangat

Minuman hangat bisa Anda gunakan untuk melegakan tenggorokan yang sakit dan gatal akibat batuk kering. Jenis minuman ini menghilangkan batuk lebih cepat karena membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Beberapa contoh minuman hangat yang bisa Anda konsumsi adalah teh atau sup hangat.

Hindari Alergen

Seperti yang telah dikatakan, batuk kering bisa disebabkan oleh alergi. Satu-satunya cara agar Anda tak mengalami batuk kering karena alergi adalah dengan menghindari alergen. Beberapa jenis alergi yang umumnya dialami oleh seseorang adalah alergi asap rokok, parfum, bulu binatang, dan lain-lain.

Madu

Mengutip dari Healthline, madu merupakan bahan alami yang mengandung antiinflamasi sehingga bisa dimanfaatkan untuk meredakan tenggorokan yang meradang. Bahan alami ini juga bisa digunakan untuk batuk berdahak. Anda bisa menambahkan madu pada minuman hangat yang Anda konsumsi.

Baca Juga: 5 Obat batuk alami ini bisa sembuhkan batuk mengganggu

Air Garam

Batuk kering bisa segera hilang jika Anda berkumur dengan air garam. Caranya, campurkan ½ sdt garam ke 8 ons air. Gunakan larutan itu untuk berkumur selama 30 detik. Pastikan untuk tidak menelan larutan itu agar tak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Humidifier

Humidifier bisa Anda gunakan untuk melembabkan udara di rumah Anda. Dengan menghirup udara yang lembab, peradangan di tenggorokan akibat batuk kering jadi berkurang. Anda bisa memakai humidifer di kamar tidur atau ruangan lain yang Anda gunakan untuk beraktivitas.

Baca Juga: 4 Penyebab radang tenggorokan yang perlu diwaspadai

Rempah

Cara mengobati batuk kering juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan rempah-rempah yang ada di dapur. Sebagian besar rempah mengandung antiinflamasi yang bisa mengurangi radang tenggorokan.

Healthline juga mengatakan bahwa rempah memiliki banyak antioksidan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh seseorang. Anda bisa mencampurkan rempah di minuman hangat atau masakan yang Anda konsumsi. Beberapa jenis rempah yang bisa menyembuhkan batuk kering adalah pepermin, bawang putih, dan kunyit.

Selanjutnya: 4 Makanan penyebab radang tenggorokan yang perlu dihindari

Editor: Belladina Biananda


Terbaru