4 Makanan penyebab radang tenggorokan yang perlu dihindari

Kamis, 24 September 2020 | 14:26 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Makanan penyebab radang tenggorokan yang perlu dihindari

ILUSTRASI. Makanan pedas adalah salah satu jenis makanan penyebab radang tenggorokan yang perlu Anda waspadai.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Radang tenggorokan bisa membuat tubuh merasa tak nyaman. Anda akan kesulitan untuk menelan sesuatu, berbicara, dan lain sebagainya. Kondisi ini bisa Anda alami karena banyak hal, salah satunya adalah makanan penyebab radang tenggorokan berikut.

Makanan Berlemak

Anda bisa menghindari radang tenggorokan dengan membatasi konsumsi makanan berlemak. Misalnya, daging, gorengan, atau produk olahan susu. Mengutip dari Live Strong, makanan berlemak sulit untuk dicerna tubuh dan bisa menurunkan sistem imun tubuh. Hal itu menyebabkan radang tenggorokan menjadi lebih parah.

Makanan berminyak juga bisa memperparah iritasi di tenggorokan. Lebih baik, konsumsi ikan, ayam, produk olahan susu rendah lemak, sup, atau jenis makanan lunak lain agar radang tenggorokan tak semakin parah.

Makanan Asam

Selain makanan berlemak, makanan asam juga bisa menyebabkan radang tenggorokan. Zat asam yang terkandung dalam makanan bisa membuat tenggorokan iritasi.

Alih-alih mengonsumsi makanan asam, seperti tomat, jeruk, lemon, dan anggur, Anda bisa makan buah lain seperti kiwi, pisang, atau melon. Asupan vitamin C masih bisa dicukupi dengan mengonsumsi kale yang tidak mengiritasi tenggorokan seperti buah-buahan tersebut.

Baca Juga: 4 Penyebab radang tenggorokan yang perlu diwaspadai

Makanan Pedas

Makanan penyebab radang tenggorokan yang sebaiknya Anda hindari adalah makanan dengan rasa yang cukup pedas.

Makanan penyebab radang tenggorokan lainnya adalah makanan yang terlalu pedas. Anda bisa menggantinya dengan menambah bawang putih atau jahe yang mengandung bahan antiinflamasi. Bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah flu datang kembali.

Makanan dengan Tekstur yang Kasar

Makanan penyebab radang tenggorokan lainnya yang disebutkan Live Strong adalah makanan yang memiliki tekstur kasar. Sayuran mentah atau roti kering bisa membuat tenggorokan iritasi.

Untuk menghindari sakit tenggorokan, konsumsilah makanan dengan tekstur lembut dan mudah ditelan, seperti keju, yogurt, sup krim, telur, atau kentang tumbuk (mashed potato).

Selanjutnya: 5 Obat batuk alami ini bisa sembuhkan batuk mengganggu

Editor: Belladina Biananda


Terbaru