Kesehatan Umum

5 Obat batuk alami ini bisa sembuhkan batuk mengganggu

Kamis, 10 September 2020 | 14:25 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Obat batuk alami ini bisa sembuhkan batuk mengganggu

ILUSTRASI. Obat batuk alami bisa Anda gunakan untuk meredakan batuk yang tidak nyaman.


KONTAN.CO.ID - Batuk kering atau batuk berdahak merupakan salah satu kondisi yang membuat tubuh tidak nyaman. Menggunakan obat batuk alami bisa membuat proses penyembuhan lebih cepat.

Agar proses penyembuhan bisa lebih cepat, Anda perlu mengetahui penyebab batuk terlebih dahulu. Mengutip dari Women’s Health, penyebab batuk umumnya infeksi virus dan bakteri, alergi, heartburn, atau asma.

Biasanya, batuk akan terasa semakin parah di malam hari karena posisi tidur. Anda bisa memposisikan kepala lebih tinggi dari tubuh agar batuk bisa mereda.

Tapi, jika obat batuk alami tak juga memberikan hasil setelah tiga hingga empat minggu, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Berikut obat batuk alami yang bisa Anda gunakan:

Baca Juga: Madu efektif mengobati batuk, benarkah?

  • Jus jeruk

Obat batuk alami bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi jus jeruk. Menurut Women’s Health, kunci mengobati batuk adalah dengan mengonsumsi banyak cairan.

Paru-paru perlu terhidrasi dengan baik untuk mengurangi produksi lendir atau dahak.

Tak hanya terasa enak, jus jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Obat batuk alami ini bahkan terbukti mampu mengurangi gejala pneumonia.

  • Jahe

Sistem pernapasan bisa diperkuat dengan mengonsumsi tanaman herbal, salah satunya adalah jahe. Obat batuk herbal ini bisa diminum dalam bentuk teh atau dicampur dengan air hangat.

Jahe mampu melegakan saluran pernapasan dan mengurangi batuk.

Baca Juga: Anda menderita batuk dan pilek? Infused water nanas bisa jadi obat batuk dan pilek 

Editor: Belladina Biananda


Terbaru