Kesehatan Umum

Penyebab tenggorokan gatal, obat dan cara mencegahnya

Kamis, 15 Oktober 2020 | 12:41 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Penyebab tenggorokan gatal, obat dan cara mencegahnya

ILUSTRASI. Ada beberapa cara alami untuk mengobati tenggorokan gatal.

KONTAN.CO.ID - Tenggorokan gatal merupakan tanda bahwa kesehatan tubuh Anda mulai terganggu. Ada banyak penyebab tenggorokan gatal.

Mulai dari alergi, infeksi virus dan bakteri, hingga hal remeh seperti dehidrasi. Anda bisa menyembuhkan tenggorokan yang gatal dengan obat atau bahan-bahan alami.

Penyebab tenggorokan gatal

Alergi, entah obat atau makanan, bisa menyebabkan tenggorokan menjadi terasa tak nyaman. Gejala tersebut muncul beberapa menit atau jam setelah Anda mengonsumsi obat atau makanan tertentu.

Beberapa jenis makanan atau obat yang biasanya menyebabkan alergi seseorang, misalnya, susu, kacang, telur, penicilin, antibiotik.

Anda perlu waspada saat alergi muncul. Jika tak segera ditangani dengan tepat, alergi bisa mengancam nyawa seseorang.

Baca Juga: 4 Penyebab radang tenggorokan yang perlu diwaspadai

Selain alergi, melansir dari Medical News Today, dehidrasi juga bisa jadi penyebab tenggorokan gatal. Saat dehidrasi, tubuh kekurangan cairan sehingga mulut dan tenggorokan menjadi kering.

Hasilnya, rasa gatal muncul karena produksi air liur berkurang.

Tenggorokan Anda juga bisa terasa tak nyaman akibat infeksi bakteri atau virus, misalnya flu. Biasanya, infeksi bakteri atau virus memunculkan gejala lain, seperti demam, dada terasa sesak, dan nyeri otot.

Obat tenggorokan gatal dari bahan alami

Beberapa bahan alami di sekitar bisa Anda manfaatkan untuk mengobati tenggorokan yang gatal. Menurut Medical News Today, ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

Pertama, Anda bisa mengonsumsi satu sendok makan madu agar tenggorokan tak kering.

Kedua, Anda bisa berkumur dengan air garam untuk membunuh bakteri yang menginfeksi tubuh.

Ketiga, konsumsilah teh hangat yang dicampur dengan madu dan lemon.

Jika tenggorokan gatal yang Anda rasakan disebabkan oleh alergi, Anda bisa memakai nasal spray. Bila tenggorokan terasa tak nyaman dan disertai batuk, Anda bisa minum obat batuk yang dijual di apotek.

Baca Juga: Obat herbal ini sangat efektif untuk tenggorokan gatal, sila dicoba

Cara mencegah tenggorokan gatal 

Bila tenggorokan Anda sering gatal, tak ada salahnya untuk melakukan pencegahan agar kegiatan Anda sehari-hari tak terganggu.

Risiko tenggorokan gatal bisa dikurangi dengan menghindari kafein dan alkohol, berhenti merokok, minum banyak air putih, menjaga kebersihan diri, dan menghindari alergi.

Saat tenggorokan yang gatal berlangsung selama lebih dari 10 hari dan muncul gejala lain yang memperparah kondisi Anda, segera periksakan diri ke dokter. Hal itu penting untuk dilakukan agar Anda mendapat perawatan yang tepat.

Selanjutnya: 6 Cara mengobati batuk kering dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru