kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara menghilangkan pilek secara efektif


Selasa, 29 September 2020 / 10:31 WIB
5 Cara menghilangkan pilek secara efektif
ILUSTRASI. Menghindari dehidrasi bisa jadi cara menghilangkan pilek. REUTERS/Pascal Rossignol/File Photo


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pilek merupakan suatu penyakit yang biasa dialami oleh banyak orang. Tak hanya membuat hidung tersumbat, muncul gejala-gejala lain yang membuat tubuh terasa tak nyaman. Untuk mengatasi hal itu, cara menghilangkan pilek berikut patut untuk dicoba.

Air Garam

Biasanya, pilek membuat tenggorokan menjadi gatal. Hal itu bisa diatasi dengan air garam. Mayo Clinic menyarankan Anda untuk mencampur ¼ hingga ½ sdt garam ke 8 ons air hangat.

Larutan itu bisa meredakan rasa gatal di tenggorokan. Namun, jangan lakukan cara ini pada anak yang berusia di bawah enam tahun untuk menghindari resiko tertelan.

Hindari Dehidrasi

Pilek bisa jadi lebih parah saat tubuh dehidrasi. Maka dari itu, pastikan Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Air, jus buah, dan campuran air lemon hangat plus madu bisa Anda jadikan pilihan. Hindari pula jenis minuman yang justru membuat dehidrasi, seperti alkohol, kopi, dan soda.

Baca Juga: 5 Obat batuk alami ini bisa sembuhkan batuk mengganggu

Air Hangat

Minuman hangat bisa jadi cara menghilangkan pilek.

Mayo Clinic menyebutkan, minum air hangat bisa jadi cara menghilangkan pilek. Lendir akan semakin encer sehingga tak menyumbat saluran pernapasan Anda. Selain minum air hangat, Anda juga bisa menggantinya dengan kuah sup, jus apel, atau teh hangat.

Obat Pilek

Selain menggunakan bahan-bahan alami, Anda juga bisa mengonsumsi obat pilek, seperti antihistamin. Namun, jangan berikan obat pilek pada anak yang berusia di bawah lima tahun. Gunakan obat pilek setelah berkonsultasi pada dokter, ya. Menggunakan obat pilek yang tak sesuai aturan justru bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: 3 Cara meredakan pilek pada bayi yang mudah dilakukan

Jangan Pakai Antibiotik

Selain menggunakan obat dan bahan-bahan di atas, Mayo Clinic juga mengingatkan agar Anda tak mengonsumsi antibiotik untuk menghilangkan pilek. Antibiotik merupakan obat yang dipakkai untuk membunuh bakteri, jadi tidak bisa melawan infeksi virus flu.

Memaksakan diri menggunakan antibiotik untuk meredakan pilek justru bisa memberikan efek samping. Tubuh menjadi resistan terhadap antibiotik sehingga menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Setelah mengonsumsi obat pilek yang Anda butuhkan, cara terakhir untuk menghilangkan pilek adalah dengan beristirahat. Saat istirahat, tubuh akan bekerja melawan penyakit yang menyebabkan pilek sehingga tubuh kembali sehat dengan lebih cepat.

Selanjutnya: Ini loh perbedaan penyakit pilek dan flu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×