3 Cara meredakan pilek pada bayi yang mudah dilakukan

Rabu, 12 Agustus 2020 | 14:54 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Cara meredakan pilek pada bayi yang mudah dilakukan

ILUSTRASI. Menghindari dehidrasi adalah salah satu cara meredakan pilek pada bayi yang bisa Anda lakukan. /Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/22/08/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bayi sering mengalami sakit selama usia satu tahun. Salah satu penyakit yang sering diderita adalah pilek. Bayi akan merasa tidak nyaman sehingga tidurnya terganggu. Ada banyak cara meredakan pilek pada bayi yang bisa Anda lakukan.

Alih-alih menggunakan obat, cara meredakan pilek pada bayi bisa menggunakan cara alami. Apalagi jika bayi Anda masih berusia di bawah 2 tahun. Mengutip dari Web MD (webmd.com) menyebutkan beberapa bahan cara atau bahan alami yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Bagi penderita asam lambung, hindari jenis makanan ini

  • Jangan Sampai Dehidrasi

Pilek bisa membuat tubuh bayi dehidrasi. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa memberikan banyak cairan pada bayi. Berikan ASI atau susu formula sesering mungkin agar bayi tidak dehidrasi. 

Pastikan Anda tidak memberikan soda atau jus karena jenis minuman ini memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Cara cek apakah bayi Anda dehidrasi atau tidak adalah dengan melihat warna urin. Jika warnanya gelap, maka bayi Anda butuh lebih banyak cairan.

  • Gunakan Penyedot Cairan Hidung

Cara meredakan pilek pada bayi adalah dengan membantunya mengeluarkan ingus dengan bantuan penyedot. Bayi merasa tidak nyaman dengan adanya ingus di hidung, tapi ia belum bisa mengeluarkannya sendiri. Menggunakan penyedot ingus bisa Anda jadikan solusi.

Baca Juga: Bisa Anda coba, cara menurunkan suhu badan yang panas

  • Atur Posisi Tidur

Web MD menjelaskan bahwa posisi tidur bisa jadi cara meredakan pilek pada bayi. Anda bisa mengatur posisi kepala lebih tinggi dari badan bayi saat tidur. Posisi ini akan membuat tidurnya jadi lebih nyenyak karena terhindar dari gangguan ingus.

Anda bisa menggunakan tumpukan buku yang dibalut dengan handuk sebagai pengganti bantal. Web MD melarang Anda menggunakan bantal sebagai cara meredakan pilek pada bayi karena bisa menyebabkan sudden infanth death syndrome atau SIDS.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru