Reproduksi dan Seks

5 Manfaat semangka untuk ibu hamil, mengurangi risiko preeklamsia

Selasa, 29 Desember 2020 | 08:35 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Manfaat semangka untuk ibu hamil, mengurangi risiko preeklamsia

ILUSTRASI. Ilustrasi ibu hamil mengandung

KONTAN.CO.ID - Semangka adalah buah kaya air yang memiliki sejumlah manfaat selama kehamilan.

Kandungan semangka sekitar 91% air, yang membuatnya menjadi buah yang bagus untuk mencegah dehidrasi. 

Sejumlah manfaat semangka selama kehamilan di antaranya adalah mengurangi risiko pembengkakan lantaran penumpukan cairan tubuh, mencegah risiko komplikasi kehamilan hingga meredakan mual di pagi hari hingga memperbaiki kulit. 

Kemudian, kandungan mineralnya dapat membantu mencegah kram otot trimester ketiga. Berikut rangkuman tentang manfaat buah semangka untuk ibu hamil. 

Baca Juga: Syarat dan prosedur agar operasi caesar ditanggung BPJS Kesehatan

Manfaat semangka untuk ibu hamil 

Dirangkum dari laman Healthline, semangka adalah sumber karbohidrat, vitamin, mineral, dan senyawa lainnya yang bermanfaat.  Semangka kaya akan air dan menyediakan karbohidrat, tembaga, dan asam pantotenat dalam jumlah sedang, serta vitamin A dan C. 

Selain itu, semangka juga kaya lutein dan likopen, dua antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan dan penyakit. 

Kandungan antioksidan dalam semangka dapat meningkatkan kesehatan mata, otak, dan jantung, serta berpotensi menawarkan perlindungan terhadap jenis kanker tertentu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antioksidan spesifik ini juga dapat membantu menurunkan risiko kelahiran prematur dan komplikasi kehamilan lainnya. 

Baca Juga: Cara merawat payudara ibu hamil di trimester tiga

Sejumlah kandungan tersebut membuat semangka memiliki beberapa manfaat selama kehamilan. Berikut di antaranya: 

1. Dapat mengurangi risiko preeklamsia

Preeklamsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, dan adanya protein dalam urin. Hal ini dapat memicu kondisi serius dan penyebab utama kelahiran prematur. 

Berdasarkan temuan bahwa suplemen yang mengandung likopen dapat mengurangi risiko preeklamsia. 

Semangka kaya akan likopen, senyawa hidrokarbon karotenoid merah yang ditemukan pada tomat dan buah-buahan lainnya. Sebuah studi menemukan bahwa likopen yang ditemukan dalam semangka dapat membantu menurunkan risiko preeklamsia hingga 50%. 

Baca Juga: Moms, inilah obat yang tidak boleh dikonsumsi ibu menyusui

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru