5 Manfaat nangka bagi kesehatan, bisa menurunkan risiko diabetes

Jumat, 24 September 2021 | 13:33 WIB Sumber: Kompas.com
5 Manfaat nangka bagi kesehatan, bisa menurunkan risiko diabetes

ILUSTRASI. Manfaat nangka bagi kesehatan, bisa menurunkan risiko diabetes


4. Membantu melawan kanker 

Dilansir dari Medical News Today, nangka mengandung zat yang disebut fitokimia, seperti flavonoid, saponin, dan tanin. 

Menurut American Institute for Cancer Research, banyak fitokimia memiliki sifat antioksidan, yang berarti dapat membantu melawan efek radikal bebas. 

Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif yang terjadi secara alami di dalam tubuh dan dapat merusak sel. 

Kerusakan ini, yang dikenal sebagai stres oksidatif bisa jadi berperan dalam perkembangan beberapa penyakit kronis, termasuk kanker. 

Fitokimia juga dapat mencegah pembuluh darah baru tumbuh di sekitar sel kanker. Kurangnya pembuluh darah mengurangi suplai darah dan pertumbuhan sel. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine pada 2017 menemukan, ekstrak biji nangka bisa menghambat pertumbuhan pembuluh darah ektopik yang diinduksi pada embrio ayam. 

Para peneliti mencatat, efeknya mungkin hasil dari kombinasi flavonoid, saponin, dan tanin dalam ekstrak dan ekstrak nangka mungkin memiliki potensi sebagai terapi antikanker di masa depan. 

Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa studi mendalam lebih lanjut masih diperlukan untuk mengonfirmasi dan lebih memahami temuan mereka. 

Baca Juga: Sebaiknya Anda hindari, berikut 4 pantangan sakit tipes

5. Mendukung kesehatan pencernaan 

Manfaat nangka untuk kesehatan lainnya, yakni mendukung kesehatan pencernaan. Baik buahnya maupun bijinya, nangka merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik. 

Menurut Food and Drug Administration (FDA), serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah, yang dapat membantu mencegah lonjakan glukosa darah setelah makan. 

Penelitian menunjukkan, serat makanan juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus besar. 

Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan agar wanita mengonsumsi 25 gram dan pria 38 gram serat per hari. 

Sementara biji nangka juga mengandung prebiotik yang bisa membantu mendukung pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Manfaat Nangka untuk Kesehatan"

Penulis: Irawan Sapto Adhi
Editor: Irawan Sapto Adhi

Selanjutnya: 7 Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal, jangan Anda abaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru