7 Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal, jangan Anda abaikan

Selasa, 21 September 2021 | 12:28 WIB Sumber: Kompas.com
7 Ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal, jangan Anda abaikan

ILUSTRASI. Menurut National Kidney Foundation, hanya 10% penderita yang mengetahui mereka mengidap penyakit ginjal pada stadium awal. Kenali, ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal.

KONTAN.CO.ID - Penderita terkadang mengabaikan ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal. Soalnya, mirip dengan masalah kesehatan lainnya. 

Menurut National Kidney Foundation, hanya 10% penderita yang mengetahui mereka mengidap penyakit ginjal pada stadium awal. 

Banyak di antara penderita yang baru menyadari ginjal pada stadium awal begitu kondisi penyakitnya sudah kadung parah dan ginjal sudah rusak.

Jika Anda berisiko mengidap penyakit ini seperti usia di atas 60 tahun, tekanan darah tinggi, diabetes, dan ada keluarga yang terkena gagal ginjal, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan ginjal secara berkala. 

Selain itu, kenali juga beberapa tanda penyakit ginjal stadium awal yang pantang Anda sepelekan. 

Melansir Urology Spesialist, terdapat beberapa ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal yang perlu Anda waspadai, antara lain:

Baca Juga: 8 Penyebab gula darah naik, Anda harus waspada!

1. Urine keruh atau berbusa 

Fungsi utama ginjal adalah memproduksi urine. Tak pelak, salah satu gejala penyakit ginjal yakni perubahan pada urine yang berbeda dari biasanya. 

Jika ginjal bermasalah, urine cenderung keruh, berbusa, atau penderita jadi sering kencing. 

2. Badan gampang lelah 

Ginjal normal bakal menghasilkan hormon erythropoietin. Fungsinya untuk memberikan sinyal pada tubuh agar memproduksi sel darah merah. 
Saat ginjal bermasalah, produksi hormon ini berkurang dan sel darah merah jadi lebih sedikit.

Imbasnya, tubuh penderita bisa mengalami anemia dengan gejala utama badan jadi lemas atau gampang lelah, padahal tidak banyak beraktivitas. 

3. Wajah atau kaki bengkak 

Penderita penyakit ginjal stadium awal biasanya juga merasakan wajah atau kakinya sering bengkak. 

Ketika ginjal tidak dapat mengeluarkan sisa cairan dan limbah dari tubuh, zat tersebut bakal menumpuk di sejumlah bagian tubuh. Akibatnya, wajah, kaki, atau bagian tubuh lain rawan membengkak. 

Baca Juga: Manfaatkan 5 makanan ini sebagai obat herbal ginjal

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru