Kecantikan & Kebugaran

5 Manfaat minyak zaitun untuk rambut ini tak boleh Anda lewatkan

Jumat, 13 November 2020 | 11:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat minyak zaitun untuk rambut ini tak boleh Anda lewatkan

ILUSTRASI. Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah mencegah kerusakan./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat minyak zaitun untuk rambut jika Anda menggunakannya secara rutin. Kandungan asam lemak dan antioksidan dalam minyak zaitun berguna untuk menguatkan folikel rambut, menyejukkan kulit kepala, dan menstimulus pertumbuhan rambut.

Melembabkan Rambut

Polusi yang Anda terima setiap hari tak hanya merusak kesehatan sistem pernapasan Anda, tapi juga mengganggu kondisi rambut Anda. Hasilnya, rambut menjadi kering dan rusak. Untuk menghindari itu, Anda bisa menggunakan minyak zaitun karena mengandung pelembab alami.

Menyejukkan Kulit Kepala

Mengutip dari Health Shots (healthshots.com), minyak zaitun memiliki kandungan antibakteri dan antijamur yang berguna untuk menyejukkan kulit kepala. Pelembab alami yang ada di dalamnya juga berguna untuk rasa gatal karena kondisi kering, ketombe, folikel rambut yang tersumbat.

Jika dibiarkan, ketombe dan folikel rambut yang tersumbat dapat menyebabkan rambut rontok. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan minyak zaitun untuk rambut secara rutin agar kekuatan rambut tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh

Mengurangi Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok lainnya adalah produksi dihydrotestosterone atau DHT yang berlebihan. DHT adalah salah satu jenis hormon yang berhubungan dengan banyaknya rambut rontok. DHT akan menyerang folikel rambut sehingga kekuatan rambut akan berkurang.

Akhirnya, rambut rontok pun tak terhindarkan. Dengan memakai minyak zaitun, produksi DHT akan berkurang sehingga rambut rontok berkurang. Rambut akan tumbuh menjadi lebih kuat, sehat, dan lebat.

Mencegah Kerusakan

Ada banya hal yang menyebabkan rambut rusak. Mulai dari polusi, alat pengering atau pelurus rambut, pewarna rambut, atau produk lain yang terbuat dari bahan kimia. Jika dibiarkan kerusakan rambut akan semakin parah.

Minyak zaitun untuk rambut bisa mencegah terjadinya kerusakan rambut. Hal itu disebabkan karena adanya antioksidan dalam minyak zaitun. Antioksidan akan melawan radikal bebas sehingga kesehatan rambut akan terjaga.

Selain mengandung antioksidan, Health Shots mengatakan bahwa minyak zaitun juga memiliki banyak lemak omega-6. Artinya, menggunakan minyak zaitun akan membuat rambut lembut dan sehat sehingga terlihat lebih bervolume.

Baca Juga: 5 Cara dasar merawat rambut agar tak cepat rusak

Efek Samping Minyak Zaitun

Meski memiliki banyak manfaat, Anda tetap perlu memerhatikan efek samping dari minyak zaitun yang dipakai di rambut. Mengutip dari MBG Lifestyle (mindbodygreen.com), minyak zaitun bisa menyumbat pori-pori.

Jika Anda memiliki tipe kulit di dada dan punggung yang mudah berjerawat, sebaiknya pertimbangkan lagi jika ingin memakai minyak zaitun. Bahan alami itu akan membuat kemunculan jerawat semakin parah, apalagi jika rambut cukup panjang atau mencapai punggung.

Selanjutnya: 4 Penumbuh rambut dari bahan-bahan alami

Editor: Belladina Biananda


Terbaru