Kesehatan Umum

5 Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh

Rabu, 14 Oktober 2020 | 13:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh

ILUSTRASI. Salah satu manfaat minyak zaitun bisa Anda gunakan untuk menurunkan berat badan.

KONTAN.CO.ID - Minyak zaitun merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan, entah dalam makanan atau untuk perawatan. Sebab, banyak manfaat minyak zaitun yang bisa dirasakan oleh tubuh.

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun yang bisa Anda dapatkan:

Kaya antioksidan

Mengutip dari Healthline.com, minyak zaitun mengandung banyak antioksidan yang bagus untuk tubuh. Nutrisi ini mampu menghindarkan tubuh dari serangan penyakit kronis, misalnya, penyakit jantung.

Selain antioksidan, minyak zaitun juga banyak mengandung vitamin E dan K.

Memiliki efek antiinflamasi

Inflamasi atau peradangan jadi salah satu petunjuk bahwa kondisi kesehatan Anda sedang bermasalah. Ada kemungkinan bahwa Anda sedang menderita kanker, obesitas, diabtes, atau penyakit lainnya.

Mengonsumsi minyak zaitun secara rutin bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah itu. Kandungan oleocanthal bekerja layaknya ibuprofen, obat yang bisa meredakan peradangan.

Peneliti memperkirakan, 50 ml minyak zaitun memiliki efek yang sama dengan 10% dosis ibuprofen.

Baca Juga: Minum Infused water serai efektif mengobati asam urat Anda

Menurunkan risiko stroke

Manfaat minyak zaitun lainnya, menurut Healthline.com, adalah bahan alami ini bisa menurunkan risiko stroke seseorang. Stroke merupakan suatu penyakit yang muncul akibat adanya gangguan pada aliran darah menuju otak.

Manfaat jenis minyak ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang melibatkan 140 ribu partisipan. Hasilnya, mereka yang rutin mengonsumsi minyak zaitun berisiko terkena stroke lebih rendah dibanding mereka yang tak mengonsumsi secara rutin.

Menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang berusaha menurunkan berat badan? Jika iya, Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun secara rutin.

Faktanya, sebuah penelitian yang melibatkan 187 pastisipan menunjukkan, mereka berhasil menurunkan berat badan saat rutin mengonsumsi minyak zaitun.

Tak hanya itu, hasil penelitian yang dilakukan selama tiga tahun tersebut memperlihatkan, antioksidan bisa bertambah. Anda bisa mencampurkan minyak zaitun pada masakan yang Anda konsumsi setiap hari.

Baca Juga: 6 Cara mengatasi rambut kering agar lebih mudah diatur

Mengandung antibakteri

Minyak zaitun juga mengandung antibakteri yang bisa dimanfaat tubuh untuk melawan serangan bakteri. Melansir dari Healthline.com, mengonsumsi 30 g minyak zaitun tiap hari dapat mengurangi infeksi bakteri penyebab sakit perut sebanyak 10%-40%.

Selanjutnya: Wow! Ini manfaat minum kunyit madu untuk kesehatan tubuh Anda

Editor: Belladina Biananda
Terbaru