Kecantikan & Kebugaran

6 Cara mengatasi rambut kering agar lebih mudah diatur

Kamis, 08 Oktober 2020 | 10:30 WIB   Reporter: Belladina Biananda
 6 Cara mengatasi rambut kering agar lebih mudah diatur

ILUSTRASI. Agar lebih mudah diatur, cara mengatasi rambut kering perlu dilakukan./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rambut kering dan kasar merupakan suatu masalah yang dimiliki oleh sebagian orang. Kondisi tersebut membuat rambut sulit untuk diatur dan ditata sehingga penampilan jadi kurang maksimal. Supaya tak terjadi lagi, cara mengatasi rambut kering berikut ini patut Anda coba.

Potong Rambut

Kondisi kering biasanya menyebabkan rambut menjadi bercabang. Hal itu akan membuat rambut semakin sulit ditata. Meski rambut Anda tak terlalu panjang, cobalah untuk memangkas ujung rambut yang bercabang.

Pakai Vitamin

Sama seperti bagian tubuh yang lain, rambut juga membutuhkan vitamin sebagai sumber nutrisi agar bisa tumbuh sehat. Beberapa jenis vitamin yang bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi rambut kering adalah vitamin A, mineral besi, vitamin C, dan biotin.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Mengutip dari Healthline, makanan yang mengandung omega-3 juga bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kondisi rambut. Nutrisi ini mampu mencegah helai rambut yang menipis dan membuatnya nampak lebih berkilau. Beberapa sumber makanan yang mengandung banyak omega-3 adalah ikan salmon, kerang, dan ikan tuna.

Supaya manfaat tersebut lebih maksimal, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan untuk melawan serangan radikal bebas. Anda bisa mulai mengonsumsi blueberry, brokoli, atau tomat agar rambut semakin sehat.

Baca Juga: 4 Cara meluruskan rambut yang mudah dilakukan

Hindari Keramas Setiap Hari

Cara mengatasi rambut kering bisa dilakukan dengan tidak mencucinya setiap hari.

Selain membersihkan kotoran, keramas juga bisa menghilangkan sebum atau minyak alami rambut. Terlalu banyak sebum akan membuat rambut berminyak, tapi jika jumlahnya terlalu sedikit, rambut menjadi kering.

Sebaiknya, cucilah rambut setiap dua hari sekali. Jika Anda belum terbiasa untuk keramas dua hari sekali, cobalah untuk menggunakan sampo khusus rambut kering atau sampo bayi. Kedua jenis sampo itu tidak terlalu merusak kandungan minyak alami dalam rambut.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru