Kecantikan & Kebugaran

4 Cara meluruskan rambut yang mudah dilakukan

Jumat, 02 Oktober 2020 | 09:33 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Cara meluruskan rambut yang mudah dilakukan

ILUSTRASI. Salah satu cara meluruskan rambut adalah memakai essential oil. /Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu cara meluruskan rambut yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah menggunakan alat pelurus rambut. Namun, alat tersebut menggunakan suhu panas yang membuat rambut rusak. Jika Anda ingin meluruskan rambut secara aman, simak tips-tips berikut ini.

Pakai Essential Oil

Alih-alih memakai produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan kimia, Anda bisa menggunakan essential oil agar rambut lebih mudah ditata. Healthline mengatakan, minyak kelapa, minyak almond, atau minyak argan adalah beberapa jenis essential oil yang bisa Anda jadikan pilihan.

Essential oil tersebut mampu menembus folikel rambut sehingga bisa menjaga dan memperbaiki sel rambut. Caranya, tuangkan beberapa tetes essential oil di telapak tangan. Gosokkan essential oil di antara kedua tangan beberapa saat sebelum mengaplikasikannya pada rambut.

Gosokkan pada kedua telapak tangan akan memberikan sedikit panas sehingga minyak lebih mudah meresap pada rambut. Selain membuat rambut terlihat lebih lurus, essential oil juga membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Baca Juga: 5 Cara memanjangkan rambut yang bisa dicoba

Coba Masker Rambut

Masker dari madu bisa jadi salah satu cara meluruskan rambut.

Cara meluruskan rambut lainnya adalah dengan rutin menggunakan masker rambut. Masker akan mengembalikan protein rambut sehingga membuatnya lebih mudah diatur dan terlihat berkilau. Healthline mengatakan, pilihlah masker yang terbuat dari telur mentah, madu, atau alpukat.

Tidur dengan Rambut Basah

Melansir dari Healthline, rambut terlihat lebih lurus jika Anda tidur saat rambut masih basah. Caranya, ikat rambut menjadi ekor kuda, tapi jangan terlalu kencang, ya. Setelah itu, putar sisa rambut mengelili ikat rambut hingga membentuk sanggul atau cepol.

Agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa memakai sarung bantal yang terbuat dari satin. Bahan satin akan mengurangi gesekan sarung bantal dengan rambut sehingga rambut akan terlihat lebih lurus di pagi hari.

Baca Juga: 3 Cara mudah mengatasi rambut rontok dan tips mencegahnya

Pakai Produk Pelurus Rambut

Ada banyak sekali produk perawatan rambut yang diberi label dapat meluruskan rambut dan membuatnya mudah diatur. Anda bisa mencoba produk-produk tersebut. Produk yang mengandung serum pelembut dan keratin bisa dijadikan pilihan agar rambut semakinterlihat indah.

Selanjutnya: Awas! Sering mewarnai dan meluruskan rambut meningkatkan risiko kanker payudara

Editor: Belladina Biananda
Terbaru