Kesehatan Umum

3 Cara mudah mengatasi rambut rontok dan tips mencegahnya

Kamis, 17 September 2020 | 11:21 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Cara mudah mengatasi rambut rontok dan tips mencegahnya

ILUSTRASI. Beberapa bahan alami bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi rambut rontok. /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/30/01/2012.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kehilangan 50 hinga 100 helai rambut setiap hari masih tergolong normal. Namun, jika rambut rontok lebih dari itu, Anda perlu segera melakukan cara mengatasi rambut rontok.

Jika dibiarkan, rambut rontok bisa lebih parah. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti mengubah gaya hidup, memerhatikan makanan yang Anda konsumsi, dan merawat rambut menggunakan bahan-bahan alami.

Cara mengatasi rambut rontok bisa memakan waktu lama jika hanya mengandalkan perbaikan nutrisi dan mengubah perawatan rambut. Anda bisa mempercepatnya dengan menggunakan bahan alami berikut ini.

Minyak Kelapa Alami

Mengutip dari The Better India, bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok adalah minyak kelapa alami. Caranya, siapkan 200 ml minyak kelapa alami dan empat hingga lima ikat daun kari.

Baca Juga: Cara menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami

Rebus bahan tersebut sampai minyak kelapa berubah warna. Setelah itu, diamkan minyak kelapa hingga dingin sebelum digunakan. Anda bisa memakai bahan alami ini sebanyak dua kali dalam satu minggu.

Minyak Rosemari

Minyak rosemari memiliki kemampuan yang hampir sama dengan minoxidil (pengobatan untuk androgenetic alopecia atau kebotakan).

Bahkan, minyak rosemari memberikan keuntungan lain, yaitu membuat kulit kepala penggunanya tak gatal. Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak rosemari dalam sampo yang Anda gunakan untuk mencuci rambut.

Bawang Merah

The Better India menyebutkan, bawang merah juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi rambut rontok. Caranya, kupas dan potong bawang merah sesuai dengan kebutuhan rambut. Tumbuk bawang merah hingga berbentuk pasta. Anda bisa menambahkan sedikit air jika dibutuhkan.

Baca Juga: Apapun model rambut Anda, begini langkah-langkah merawatnya

Setelah itu, gunakan pasta bawang merah dari pangkal hingga ujung rambut. Setelah itu, gunakan shower cap selama 15 menit lalu bilas menggunakan sampo hingga bersih dan baunya hilang.

Tips Mencegah Rambut Rontok

Selain menggunakan bahan-bahan alami tersebut, rambut rontok juga bisa dihindari, lo. Pertama, hindari mencuci rambut dengan air panas karena bisa menghilangkan minyak alami dari rambut dan kulit kepala.

 

Selanjutnya: Pasca sembuh dari virus corona, waspada rambut rontok!

Editor: Belladina Biananda


Terbaru