kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami


Kamis, 10 September 2020 / 10:23 WIB
Cara menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami
ILUSTRASI. Cara menghilangkan ketombe bisa menggunakan bahan-bahan alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketombe atau seborrhoea biasanya disebabkan karena stres, kulit kering, atau perawatan rambut yang kurang benar. Cara menghilangkan ketombe diperlukan agar kulit kepala tak mengalami kerusakan.

Medlife mengatakan bahwa ketombe muncul akibat jamur bernama Malassezia tumbuh di kulit kepala. Hal itu membuat kulit kepala kering sehingga ketombe muncul. Namun, ada pula ketombe yang menyebabkan produksi minyak lebih banyak, jadi teksturnya lengket.

Penyebab utama munculnya ketombe adalah rambut jarang dicuci dan disisir, tidak menggunakan sampo yang benar secara rutin, stres atau penyakit mental, dan penyakit parkinson. Cara menghilangkan ketombe yang pertama adalah dengan mengatasi penyebabnya terlebih dahulu. 

Anda bisa menggunakan bahan alami untuk menghilangkan ketombe yang masih sedikit. Untuk ketombe yang parah, sebaiknya Anda menggunakan perawatan medis.

Baca Juga: Kotembe membandel? Segera hilangkan dengan obat herbal ini

Cuka Apel

Medlife menyebutkan bahwa salah satu cara menghilangkan ketombe terbaik adalah menggunakan cuka apel. Caranya, campurkan cuka apel dan air dengan jumlah perbandingan yang sama. Aplikasikan campuran itu pada rambut yang masih basah setelah keramas.

Anda bisa memijat kepala dan rambut saat memakai cuka apel agar campuran itu lebih meresap. Cara menghilangkan ketombe Anda lakukan selama 15 menit sebelum dibilas menggunakan air. Gunakan cuka apel setiap dua hari sekali.

Minyak Kelapa dan Air Lemon

Campuran minyak kelapa dan air lemon bisa digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe. Medlife merekomendasikan agar minyak kelapa (2 sdm) dan beberapa tetes air lemon dicampur dan dipanaskan terlebih dahulu.

Gunakan campuran itu pada kulit kepala dan rambut lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas menggunakan sampo.

Baca Juga: Ini lo penyebab rambut rontok pada laki-laki dan perempuan

Kuning Telur

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya bisa Anda lakukan menggunakan kuning telur. Kuning telur mengandung biotin, yaitu vitamin utama untuk menghilangkan ketombe. Selain itu, kuning telur juga berfungsi melembabkan sehingga rambut menjadi lebih sehat.

Pertama, gunakan kuning telur pada kulit kepala dan rambut yang kering lalu tutup kepala menggunakan kantong plastik. Cara menghilangkan ketombe ini bisa Anda lakukan selama satu jam. Setelah itu, cuci rambut hingga bau kuning telur benar-benar hilang.

Selanjutnya: Perawatan yang tepat hadirkan rambut sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×