Kecantikan & Kebugaran

5 Cara memanjangkan rambut yang bisa dicoba

Rabu, 30 September 2020 | 09:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara memanjangkan rambut yang bisa dicoba

ILUSTRASI. Cara memanjangkan rambut bisa dimulai dengan merawat kulit kepala. /Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gaya rambut merupakan salah satu aspek penting dalam penampilan. Salah satu masalah yang biasanya dialami adalah bagaimana cara memanjangkan rambut. Tips berikut bisa Anda coba agar gaya rambut terbaru yang Anda inginkan bisa segera terealisasi.

Perawatan Kulit Kepala

Mengutip dari Cosmopolitan, merawat kulit kepala bisa jadi cara memanjangkan rambut. Produk perawatan kulit kepala yang dipakai secara rutin akan berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan serat rambut.

Anda bisa memilih minyak atau masker rambut yang terbuat dari tea tree oil atau pepermin. Produk perawatan tersebut akan memperlancar sirkulasi darah dan nutrisi di sekitar folikel rambut sehingga rambut tak mudah rontok.

Rutin Potong Rambut

Sebenarnya, rutin memotong rambut agar lebih cepat panjang masih jadi perdebatan. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba cara ini. Memotong rambut secara rutin bisa menghilangkan rambut bercabang. Dengan begitu, rambut bisa tumbuh lebih sehat.

Baca Juga: 5 Cara dasar merawat rambut agar tak cepat rusak

Kurangi Sampo

Tidak sering memakai sampo bisa jadi cara memanjangkan rambut.

Sampo berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel di rambut. Jika digunakan secara berlebihan, sampo bisa menghilangkan minyak alami rambut. Agar rambut bisa tumbuh lebih cepat, Anda bisa mempertimbangkan untuk memakai sampo tanpa sulfat.

Selain itu, pastikan untuk rutin memakai conditioner agar rambut tak bercabang. Membilas rambut menggunakan air dingin juga bisa dilakukan agar kelembabannya tak hilang. Membilas rambut dengan air hangat atau panas justru bisa menyebabkan kerusakan.

Hindari Bleaching

Melansir dari Cosmopolitan, bleaching membuat kutikula rambut terbuka. Hal itu meningkatkan resiko kerusakan rambut, apalagi pada rambut yang warna aslinya lebih gelap. Bleaching menyebabkan rambut bercabang sehingga Anda harus sering memotongnya.

Baca Juga: 3 Cara mudah mengatasi rambut rontok dan tips mencegahnya

Perhatikan Cara Menyisir

Cara menyisir rambut perlu Anda perhatikan agar tak menimbulkan kerusakan. Usahakan untuk menyisir rambut secara perlahan atau jangan kasar, apalagi saat rambut masih basah karena lebih mudah rusak. Anda bisa mulai menyisir rambut dari bawah daripada memulainya dari dekat kulit kepala.

Selanjutnya: Cara menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru