Kesehatan Umum

5 Cara dasar merawat rambut agar tak cepat rusak

Kamis, 24 September 2020 | 12:15 WIB   Reporter: Belladina Biananda
5 Cara dasar merawat rambut agar tak cepat rusak

ILUSTRASI. Ada beberapa cara merawat rambut yang bisa Anda lakukan.

KONTAN.CO.ID - Apakah Anda memiliki masalah kondisi rambut? Misalnya, rambut kering, bercabang, berminyak, atau tak mudah ditata. Jika iya, cara merawat rambut berikut ini patut untuk Anda coba.

Dengan melakukan perawatan secara rutin, keindahan dan kesehatan rambut akan terjaga sehingga penampilan jadi lebih sempurna. Nah, berikut cara merawat rambut yang bisa Anda coba:

  • Cuci rambut secara rutin

Sama seperti kulit wajah, kulit kepala dan rambut juga bisa mengandung kotoran dan minyak berlebih. Mencuci rambut secara rutin menghindarkan Anda dari masalah itu.

Mengutip Skin Kraft, frekuensi mencuci rambut perlu Anda sesuaikan dengan kondisi rambut.

Untuk pemilik rambut kering, cucilah rambut sebanyak dua kali dalam seminggu. Sedangkan bagi pemilik rambut berminyak, Anda bisa mencuci rambut sekali dalam dua hari.

Baca Juga: 3 Cara mudah mengatasi rambut rontok dan tips mencegahnya

  • Batasi penggunaan bahan kimia

Cara merawat rambut selanjutnya adalah dengan membatasi penggunaan bahan-bahan kimia. Beberapa bahan kimia, seperti sulfat dan paraben, mampu mengiritasi kulit kepala dan merusak keseimbangan hormon.

Jadi, lebih baik gunakan produk perawatan rambut dengan bahan alami yang sesuai dengan tipe rambut Anda.

  • Perhatikan cara mengeringkan rambut

Setelah dicuci, keringkan rambut secara alami agar kesehatannya terjaga. Hindari pemakaian alat pengering rambut karena uap panas yang keluar bisa merusak kulit kepala dan rambut.

Selain itu, jangan tidur dan menyisir rambut dalam kondisi basah. Anda bisa mengeringkan rambut menggunakan handuk lembut secara perlahan agar kutikula rambut tak rusak.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan uban secara alami

  • Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi bisa jadi cara merawat rambut.

Cara merawat rambut lainnya, melansir Skin Kraft, adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Berbagai macam nutrisi dibutuhkan agar rambut tumbuh dengan sehat.

Beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi adalah makanan yang mengandung banyak protein dan asam amino. Misalnya, telur, kacang, ikan, dan sayuran hijau.

Selain itu, pastikan untuk menghidrasi tubuh dengan baik. Minumlah banyak air putih agar kesehatan rambut terjaga.

  • Hindari air panas

Air panas merupakan pilihan yang buruk untuk mencuci rambut. Alih-alih membuat rambut tumbuh sehat, air panas justru membuat minyak alami rambut hilang.

Hasilnya, rambut menjadi kering sehingga menyebabkan masalah rambut lain. Lebih baik, gunakan air dingin untuk mencuci rambut.

Selanjutnya: Ini dia manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut

Editor: Belladina Biananda


Terbaru