4 Penumbuh rambut dari bahan-bahan alami

Selasa, 27 Oktober 2020 | 13:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penumbuh rambut dari bahan-bahan alami

ILUSTRASI. Beberapa bahan alami bisa dimanfaatkan sebagai penumbuh rambut./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/30/01/2012.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penumbuh rambut yang bisa Anda coba, seperti produk-produk yang dijual di pasaran. Namun, biasanya produk tersebut dijual dengan harga yang mahal. Jika Anda ingin menumbuhkan rambut, beberapa bahan alami berikut ini bisa dijadikan pilihan.

Bawang Merah

Salah satu penumbuh rambut alami yang sering dipakai oleh banyak orang adalah bawang merah. Bahan ini dinilai cukup efektif menumbuhkan rambut karena adanya sulfur.

NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan, sulfur berperan untuk meningkatkan produksi kolagen sehingga rambut bisa tumbuh lebih banyak. Anda tak perlu khawatir tentang bau menyengat yang berasal dari bawang merah.

Aroma khas bahan alami ini bisa hilang dengan mudah. Pertama, potong bawang merah menjadi beberapa bagian lalu ambil ekstraknya. Anda bisa menumbuk atau memarut bawang merah agar ekstraknya bisa diambil.

Baca Juga: 6 Cara mengatasi rambut kering agar lebih mudah diatur

Setelah itu, aplikasikan ekstrak bawang merah pada kulit kepala lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air dan sampo. Selain bawang merah, Anda juga bisa menggunakan kentang. Cara yang perlu Anda lakukan sama dengan menggunakan ekstrak bawang merah.

Santan

Selain bisa menyedapkan rasa makanan, santan juga bisa dimanfaatkan sebagai penumbuh rambut alami, lo. Bahan alami ini mengandung banyak zat besi, lemak, dan potasium. Hasil yang Anda dapat bisa lebih maksimal jika Anda memakai santan segar, bukan santan yang dijual dalam kemasan.

Anda bisa mencampur santan dengan air perasan setengah lemon dan empat tetes minyak lavender. Aplikasikan campuran tersebut pada kulit kepala selama empat hingga lima jam lalu bilas dengan air.

Cuka Apel

NDTV Food merekomendasikan penumbuh rambut lain yang berasal dari cuka apel. Bahan ini mampu menjaga kebersihan kulit kepala dan menyeimbangkan pH sehingga rambut bisa tumbuh. Caranya, campurkan 15 ml cuka apel dengan segelas air hangat.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan ketombe secara alami

Setelah mencuci rambut dengan sampo, gunakan larutan yang telah Anda siapkan. Selain meningkatkan pertumbuhan rambut, larutan cuka apel juga mampu membuat rambut terlihat lebih berkilau.

Masker Telur

Putih telur bisa dimanfaatkan sebagai penumbuh rambut.

Selain beberapa bahan di atas, telur juga bisa Anda gunakan untuk menumbuhkan rambut. Hal itu disebabkan oleh banyaknya kandungan protein, sulfur, zat besi, dan zinc dalam telur. Bagian yang Anda butuhkan untuk membuat masker adalah putih telur.

Pertama, campurkan satu putih telur dengan 1 sdt minyak zaitun dan madu. Gunakan campuran yang telah berbentuk pasta pada rambut dan kulit kepala lalu diamkan selama 20 menit. Selanjutnya, bilas dengan air dingin dan sampo.

Selanjutnya: 4 Cara melebatkan rambut bayi terbaik yang bisa dicoba

Editor: Belladina Biananda


Terbaru