kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh


Rabu, 04 November 2020 / 09:00 WIB
5 Manfaat minum air hangat untuk kesehatan tubuh


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang suka minum air hangat? Ternyata, kebiasaan itu memiliki banyak kegunaan, lo. Manfaat minum air hangat berguna untuk meningkatkan pencernaan, sembelit, dehidrasi, mengurangi stres, hingga menurunkan berat badan.

Meredakan Hidung Tersumbat

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa mengonsumsi air hangat bisa digunakan untuk meredakan hidung tersumbat. Menghirup uap panas yang berasal dari air hangat bisa mengatasi sinus tersumbat dan meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh sinus.

Selain mengurangi penyumbatan, air hangat juga berguna untuk meredakan gejala flu dan pilek lain. Misalnya, hidung berair, sakit tenggorokan, batuk, dan kelelahan. Air hangat dinilai lebih efektif daripada Anda hanya minum air dengan suhu ruangan.

Mengobati Sembelit

Salah satu penyebab sembelit adalah tubuh yang dehidrasi. Masalah tersebut bisa diselesaikan secara efektif jika Anda minum air hangat. Saat minum air hangat, usus akan berkontraksi.

Baca Juga: Ingin cepat sembuh? Coba 5 makanan untuk orang sakit ini, yuk

Hasilnya, sisa makanan yang mengendap di usus bisa bergerak kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh. Jika Anda ingin buang air besar secara lancar, usahakan untuk minum air hangat secara rutin.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat minum air hangat secara rutin adalah berat badan turun.

Manfaat minum air hangat yang disebutkan Healhtline adalah kebiasaan itu mampu menurunkan berat badan. Banyak minum air putih membuat Anda merasa lebih kenyang. Artinya, keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan ringan dan makanan berat berkurang.

Selain itu, mengonsumsi air hangat mampu mengaktifkan sistem pengaturan suhu dalam tubuh. Untuk beradaptasi dengan suhu hangat dari air, tubuh akan mendinginkan suhunya sendiri. Hal itu mampu mengaktifkan metabolisme tubuh.

Minum banyak air juga dapat mengurangi berat air dalam tubuh. Ginjal akan merespons masuknya air dengan mengeluarkan urin. Jika urin yang Anda keluarkan berwarna terang, artinya tubuh Anda sudah terhidrasi dengan baik.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Ketika aliran darah tubuh berjalan dengan baik, tekanan darah akan menurun sehingga resiko penyakit kardiovaskular menurun pula. Anda bisa melancarkan peredaran darah dengan mandi menggunakan air hangat.

Baca Juga: Cara menghilangkan mual bisa dilakukan dengan 5 makanan ini

Kegiatan itu akan melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah tak akan tersumbat. Hal yang sama juga bisa dirasakan tubuh saat minum air hangat. Tak hanya melancarkan peredaran darah, air hangat juga mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Mengurangi Stres

Sehubungan dengan efek rileksasi pada tubuh, air hangat juga dapat mengurangi stres yang Anda rasakan. Mengutip dari Healthline, banyak minum air bisa meningkatkan ketenangan, kepuasaan, dan emosi postif.

Selanjutnya: 4 Cara mengatasi masuk angin agar badan kembali sehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×