kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ingin cepat sembuh? Coba 5 makanan untuk orang sakit ini, yuk


Rabu, 28 Oktober 2020 / 12:51 WIB
Ingin cepat sembuh? Coba 5 makanan untuk orang sakit ini, yuk


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain minum obat, mengonsumsi makanan yang tepat saat sakit bisa mempercepat proses pemulihan. Makanan untuk orang sakit perlu dipilih sedemikian rupa agar tubuh mampu melawan infeksi penyakit.

Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang paling sering digunakan untuk melawan penyakit. Mengutip dari Healthline (healthline.com), hal itu disebabkan karena adanya antivirus, antibakteri, dan antijamur yang terkandung dalam bawang putih.

Kandungan-kandungan tersebut mampu meningkatkan sistem imun tubuh yang menurun akibat terserang penyakit. Sebuah penelitian membuktikan hal tersebut.

Orang-orang yang mengonsumsi bawang putih secara rutin tak hanya jarang terserang penyakit, tapi bisa sembuh 3.5 hari lebih cepat daripada mereka yang tak mengonsumsi bawang putih.

Baca Juga: 4 Makanan penyebab sakit ginjal yang perlu dihindari

Air Kelapa

Saat sakit, tubuh menjadi lebih mudah dehidrasi. Agar tak semakin parah, Anda bisa minum air kelapa. Bahan alami ini mampu mengembalikan elektrolit tubuh yang banyak keluar saat demam atau muntah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa mampu meredakan diare dan sakit perut. Namun, minum air kelapa bisa membuat perut kembung. Jadi, ada baiknya untuk minum air kelapa secara perlahan.

Madu

Makanan untuk orang sakit lainnya yang direkomendasikan Healthline adalah madu. Bahan alami ini mengandung antimikroba untuk melawan infeksi bakteri. Selain itu, sistem imun tubuh bisa kembali membaik saat Anda mengonsumsi madu.

Anda bisa mengonsumsi madu dengan menggabungkannya dalam beberapa jenis minuman. Campurkan 2.5 ml madu ke air hangat, teh, atau susu agar batuk berkurang dan tubuh terhidrasi dengan baik. Namun, pastikan untuk tidak memberikan madu pada anak berusia di bawah 12 bulan, ya.

Baca Juga: Catat, inilah 4 makanan penyebab kanker payudara

Pisang

Makanan untuk orang sakit bisa berasal dari pisang.

Selain beberapa jenis makanan di atas, makanan untuk orang sakit juga bisa berasal dari pisang. Teksturnya yang lembut membuatnya mudah untuk dicerna. Serat dalam pisang mampu meredakan diare yang sedang Anda alami. Tak hanya itu, pisang juga mengandung kalori dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Alpukat

Dalam sebuah alpukat, Anda bisa mendapat banyak lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi penyakit. Sama seperti pisang, alpukat memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dikonsumsi.

Selanjutnya: ​Suka makanan manis? Ini 9 gejala diabetes yang harus diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×