Tips Sehat

4 Cara mengatasi masuk angin agar badan kembali sehat

Selasa, 27 Oktober 2020 | 13:43 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengatasi masuk angin agar badan kembali sehat

ILUSTRASI. Cara mengatasi masuk angin bisa Anda lakukan dengan banyak hal.


KONTAN.CO.ID - Masuk angin merupakan suatu kondisi di mana tubuh terasa tak nyaman. Tapi, ada cara mengatasi masuk angin yang bisa Anda coba.

Masuk angin bisa membuat Anda mungkin mengalami sakit kepala, mual, muntah, dan badan terasa nyeri. Cara mengatasi masuk angin berikut ini patut Anda coba agar kegiatan sehari-hari bisa berjalan sesuai rencana:

Minum banyak cairan

Biasanya, masuk angin ditandai dengan hidung tersumbat. Hal tersebut bisa Anda atasi dengan mengonsumsi banyak cairan. Dengan begitu, lendir yang mengganggu sistem pernapasan bisa berkurang.

Ada banyak jenis cairan yang bisa Anda konsumsi. Mulai dari air putih hingga minuman hangat. Tak hanya mengatasi hidung tersumbat, Dikutip dari Vicks.com, batuk dan sakit tenggorokan juga ikut mereda jika Anda mengonsumsi minuman hangat.

Baca Juga: Ini loh manfaat kencur untuk kesehatan tubuh Anda

Perbanyak istirahat

Cara mengatasi masuk angin selanjutnya adalah dengan memperbanyak waktu istirahat atau tidur. Saat tidur, tubuh akan memproduksu protein bernama sitokin yang berfungsi untuk melawan infeksi dan peradangan.

Mengatur posisi tubuh ketika tidur juga perlu Anda perhatikan. Soalnya, masuk angin biasanya ditandai dengan produksi lendir di sistem pernapasan. Hal tersebut bisa mengganggu waktu istirahat Anda karena mengakibatkan penyumbatan dan batuk.

Anda bisa mengatur posisi kepala lebih tinggi daripada badan agar lendir tak menyumbat pernapasan. Letakkan bantal lebih tinggi agar waktu tidur Anda terasa lebih nyaman.

Jaga kebersihan

Dialnsir dari Vicks.com, menjaga kebersihan saat masuk angin penting untuk dilakukan. Tujuannya, untuk memutus penyebaran virus.

Usahakan untuk membersihkan permukaan benda di rumah memakai disinfektan dan batasi kegiatan dengan orang lain.

Baca Juga: Menakjubkan! Berikut manfaat serai untuk kesehatan tubuh

Konsumsi makanan bergizi

Cara mengatasi masuk angin juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi. Makanan bergizi, apalagi yang mengandung banyak vitamin C, mampu meningkatkan sistem imun tubuh yang menurun.

Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak vitamin C adalah jeruk, lemon, stroberi, mangga, brokoli, dan jenis buah serta sayur lain.

Tak hanya itu, beberapa jenis rempah juga penting untuk Anda konsumsi. Misalnya, bawang putih atau rempah lain yang mampu mengurangi peradangan.

Selanjutnya: Ini obat herbal yang ampuh meredakan batuk berdahak dan batuk kering

Editor: Belladina Biananda


Terbaru