Tips Sehat

Cara menghilangkan mual bisa dilakukan dengan 5 makanan ini

Rabu, 14 Oktober 2020 | 11:48 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Cara menghilangkan mual bisa dilakukan dengan 5 makanan ini

ILUSTRASI. Ada beberapa cara menghilangkan mual yang bisa Anda lakukan. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penyebab mual. Mulai dari masalah ringan, seperti mencium aroma tak sedap, atau masalah kesehatan lain yang lebih parah. Jika mual disebabkan karena masalah yang tak terlalu serius, cara menghilangkan mual dengan beberapa jenis makanan berikut ini bisa Anda coba.

Apel

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), mengonsumsi apel bisa jadi cara menghilangkan mual. Hal itu disebabkan karena serat dalam buah ini mampu memperlambat proses pencernaan.

Namun, terlalu banyak serat justru bisa memberikan efek sebaliknya, yaitu mual menjadi terasa semakin parah. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi apel secara perlahan. Jika Anda kesulitan untuk makan apel mentah, Anda bisa mengolahnya menjadi jus.

Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang sudah sering digunakan untuk meredakan mual. Anda bisa mengonsumsi jahe dalam berbagai macam bentuk, seperti teh jahe, biskuit jahe, atau permen jahe. Bahan ini juga cocok dipakai untuk meredakan mual pada wanita hamil.

Baca Juga: 3 Cara mengobat penyakit dispepsia

Air Putih dan Kuah Sup Ayam

Minum air putih bisa jadi cara menghilangkan mual.

Mual dan muntah biasanya menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala dan dehidrasi. Anda bisa menghindari hal itu dengan minum air putih sedikit demi sedikit. Namun, hindari minum air putih terlalu banyak dalam satu waktu karena justru bisa membuat mual menjadi lebih parah.

Selain air putih, kuah sup ayam hangat juga cocok digunakan untuk meredakan mual. Jenis cairan ini biasanya mengandung sodium yang bisa menghindarkan tubuh dari dehidrasi. Usahakan untuk membuat kuah sup ayam rendah lemak agar mual tak memburuk.

Kacang

Cara menghilangkan mual selanjutnya yang direkomendasikan Everyday Health adalah kacang. Kacang ataupun selai kacang mengandung protein yang membantu tubuh mengatasi mual, apalagi mual yang disebabkan oleh lapar, hamil, atau gula darah rendah.

Baca Juga: 4 Tanda-tanda hamil, ada yang Anda rasakan?

Namun, pastikan Anda tak memiliki alergi terhadap jenis makanan ini, ya. Selain itu, pastikan pula penyebab mual yang Anda rasakan bukan karena infeksi virus karena bisa membuat kondisi Anda semakin parah.

Pisang

Pisang merupakan jenis makanan lain yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan mual. Buah ini mampu mengembalikan potasium dalam tubuh yang hilang sehingga juga dapat digunakan untuk mengobati diare.

Selanjutnya: Anda merasa sakit perut bagian bawah? Ini penyebabnya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru