kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Tanda-tanda hamil, ada yang Anda rasakan?


Sabtu, 05 September 2020 / 08:30 WIB
4 Tanda-tanda hamil, ada yang Anda rasakan?


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PRATAYANG SABTU. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda sedang hamil atau tidak adalah dengan melakukan tes kehamilan. Namun, Anda juga bisa memprediksi kehamilan Anda dari tanda-tanda hamil yang terlihat.

Tidak semua wanita mengalami tanda-tanda hamil yang sama. Apalagi tanda-tanda hamil mungkin sama dengan gejala sebelum dan selama menstruasi. Anda bisa tidak sadar bahwa sedang hamil. Melansir dari Web MD, ada beberapa tanda-tanda hamil yang bisa Anda perhatikan.

Perubahan Ukuran Payudara

Web MD mengatakan bahwa perubahan payudara bisa jadi tanda-tanda hamil. Perubahan hormon menyebabkan ukuran payudara membesar dan terasa sakit. Tanda-tanda hamil juga terlihat pada warna areola yang menghitam.

Baca Juga: 4 cara meredakan mual saat hamil yang gampang tapi manjur

Kelelahan

Kelelahan adalah tanda-tanda hamil yang sering terjadi karena jumlah progesteron yang meningkat. Jumlah gula darah dan tekanan darah rendah juga bisa jadi berkontribusi terhadap rasa lelah yang diawali pada masa awal kehamilan.

Jika tanda-tanda hamil tersebut terjadi, Anda perlu melakukan beberapa hal agar kondisi Anda tak semakin parah. Misalnya, banyak istirahat atau mengonsumsi makanan yang kaya protein dan zat besi bisa membantu mengatasi tanda-tanda hamil itu.

Mual

Mual atau morning sickness adalah tanda-tanda hamil yang cukup sering terjadi. Namun, tak semua wanita mengalaminya. Sampai sekarang, belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya morning sickness, tapi diperkiran hormon kehamilan adalah pemicunya.

Baca Juga: Simak manfaat menyusui bagi kesehatan ibu pasca melahirkan

Mual saat hamil bisa terjadi kapan saja, tapi biasanya tanda-tanda hamil ini terjadi di pagi hari. Selain hormon kehamilan, makanan tertentu juga bisa jadi pemicu rasa mual. Biasanya, rasa mual akan berkurang setelah kehamilan minggu ke-13 atau ke-14.

Tanda-Tanda Hamil Lainnya

Selain tanda-tanda hamil yang telah disebutkan, Web MD juga menyebutkan tanda-tanda hamil lainnya yang sering terjadi. Sering buang air kecil, sembelit, perubahan perasaan atau mood, pusing, atau sakit punggung adalah tanda-tanda hamil lainnya yang perlu Anda perhatikan.

Selanjutnya: Demi buah hati, ini hal-hal yang harus ibu dihindari saat hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×