Demi buah hati, ini hal-hal yang harus ibu dihindari saat hamil

Jumat, 04 September 2020 | 15:50 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
Demi buah hati, ini hal-hal yang harus ibu dihindari saat hamil

ILUSTRASI. Demi buah hati, ini hal-hal yang harus ibu dihindari saat hamil


KONTAN.CO.ID -  Kehamilan tentu menjadi hal-hal yang dinantikan banyak pasangan. Karenanya ibu harus ekstra hati-hati saat hamil.

Ada berbagai tantangan yang harus dihadapi oleh para wanita hamil. Mulai dari perubahan hormon hingga hal-hal yang harus dihindari.

Tentu semuanya demi janin yang sehat serta kehamilan yang lancar. Bagi Anda yang sedang mengandung, ada baiknya menghindari beberapa hal.

Apa saja hal yang harus dihindari saat mengandung? Berikut hal yang harus dihindari saat hamil. Daftar berikut dirangkum KONTAN.co.id dari Healthline dan Health Engine.

  • Jangan duduk atau berdiri terlalu lama

Duduk atau berdiri terlalu lama bisa membuat banyak masalah kesehatan pada ibu. Salah satunya adalah pembengkakan pada pembuluh darah. Pembengkakan di pergelangan kaki juga bisa terjadi jika terlalu banyak duduk atau berdiri. 

Melakukan jeda istirahat di sela-sela duduk atau berdiri sangat disarankan. Kegiatan ini bisa mengurangi efek pembengkakan saat kehamilan. 

  • Jangan makan beberapa bahan makanan

Ada beberapa makanan yang dilarang saat hamil. Makanan tersebut bisa berpengaruh buruk pada kesehatan ibu dan janin.

Jika Anda gemar menyantap sashimi atau ikan mentah, sebaiknya dihentikan dulu. Ikan dan seafood mentah biasa mengandung toksoplasma. Parasit ini bisa mempengaruhi perkembangan janin Anda. 

Hindari juga makanan yang dimasak setengah matang. Makanan yang setengah matang rentan mengandung salmonella. Bakteri ini juga berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru