Kesehatan Umum

Ciri-ciri fisik wanita hamil, warna pipi bisa menghitam

Jumat, 14 Agustus 2020 | 12:17 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Ciri-ciri fisik wanita hamil, warna pipi bisa menghitam

ILUSTRASI. Anda perlu memperhatikan beberapa ciri-ciri fisik wanita hamil.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagian wanita masih sering bingung dengan ciri-ciri fisik wanita hamil. Selain memengaruhi bagian dalam tubuh, perubahan hormon saat hamil juga memberikan efek pada tampilan fisik.

Nah, Anda perlu mengetahui perubahan yang biasanya terjadi agar tidak terlalu panik saat mengalaminya. Melansir Cosmopolitan.com, berikut ciri-ciri fisik wanita hamil yang perlu Anda ketahui: 

Pipi menghitam

Ciri-ciri fisik wanita hamil adalah warna pipi yang berubah menjadi hitam. Penyebabnya, perubahan hormon wanita. Di beberapa kasus, pipi yang berubah warna menjadi lebih hitam terjadi di masa awal kehamilan.

Anda tidak perlu khawatir karena warna pipi akan berubah normal seiring berjalannya waktu. Namun, jika warna pipi tidak juga kembali ke warna semula, Anda bisa mengatasinya dengan laser treatment setelah melahirkan.

Baca Juga: Lagi pandemi, ini 3 jenis rempah untuk daya tahan tubuh yang wajib Anda coba

Payudara membesar

Cosmopolitan.com menyebutkan, ukuran payudara yang membesar bisa jadi ciri-ciri fisik wanita hamil. Payudara akan terasa sedikit lebih sensitif dan berisi tepat sebelum Anda menstruasi.

Semakin lama Anda merasakan hal tersebut, maka kemungkinan hamil juga lebih besar.

Muncul garis vertikal gelap di bawah pusar

Ciri-ciri fisik wanita hamil selanjutnya adalah muncul garis vertikal gelap yang dikenal dengan sebutan linea nigra. Hormon bisa menyebabkan perubahan warna. Ini juga dibarengi dengan menggelapnya warna puting susu di masa awal kehamilan.

Selain ciri-ciri fisik wanita hamil tersebut, perubahan hormon saat hamil juga menyebabkan perubahan lainnya. Anda bisa memiliki nafsu makan yang meningkat.

Rasa lapar yang tidak tertahankan oleh wanita hamil karena kebutuhan kalori untuk tumbuh kembang janin.

Baca Juga: 4 cara menghilangkan milia di dekat mata yang wajib dicoba

Masalah sistem pencernaan lain akibat perubahan hormon juga menyebabkan wanita sering mengalami mual. Menurut Cosmopolitan.com, rasa mual adalah tanda yang normal.

Anda bisa menghindari hal-hal yang berbau tajam agar tidak sampai muntah. Jika muntah tetap terjadi, pastikan untuk tetap menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru