4 cara meredakan mual saat hamil yang gampang tapi manjur

Jumat, 07 Agustus 2020 | 13:37 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 cara meredakan mual saat hamil yang gampang tapi manjur

ILUSTRASI. Cara meredakan mual saat hamil harus dilakukan agar kondisi tidak semakin parah.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mual adalah salah satu hal wajar yang dirasakan ibu hamil, apalagi saat masa-masa awal kehamilan. Hal itu biasanya disebabkan karena perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Cara meredakan mual saat hamil pun perlu Anda lakukan agar kondisinya tidak semakin parah.

Bersumber dari One Medical (onemedical.com), mual biasanya dimulai pada minggu ke-5 atau ke-6 kehamilan dan semakin parah saat memasuki bulan ke-3. Memasuki trimester ke-2, mual akan hilang. Namun, 15%-20% wanita mengalami mual dalam jangka waktu yang lebih lama.

Karena mual adalah hal yang normal, Anda tidak perlu mengunjungi dokter. One Medical menyebutkan cara meredakan mual saat hamil yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Waspada! Inilah penyebab dada terasa sakit dan nyeri

Makan dalam Porsi Kecil, tapi Sering

One Medical menyebutkan bahwa tidak makan apapun justru membuat mual menjadi lebih parah. Cara meredakan mual saat hamil adalah dengan mengonsumsi makan dalam porsi kecil, tapi Anda perlu sering melakukannya.

Konsumsi Jahe

Cara meredakan mual saat hamil juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi jahe. Penelitian menunjukkan bahwa jahe bisa dipakai untuk mengobati sakit perut. Cobalah untuk mengonsumsi teh jahe, permen jahe, atau makanan olahan lain yang terbuat dari jahe asli.

Hindari Beberapa Jenis Makanan

Mual saat hamil juga bisa disebabkan karena beberapa jenis makanan. Cara meredakan mual saat hamil dengan menghindari makanan manis, makanan berminyak, dan makanan pedas.

One Medical menyebutkan, makanan yang kaya protein, makanan asin dan banyak karbohidrat, rendah lemak, lunak, atau makanan kering, seperti sereal atau biskuit, tidak banyak menyebabkan mual.

Baca Juga: Manfaat antibiotik di bidang kesehatan, jangan digunakan secara berlebihan

Coba Aromaterapi

Selain beberapa jenis makanan, beberapa jenis aroma yang kuat, seperti parfum dam asap rokok, bisa menyebabkan mual. Cara meredakan mual saat hamil bisa Anda lakukan dengan menghirup aromaterapi.

Anda bisa menggunakan aroma lemon, mint, jeruk, atau aroma lain yang Anda suka. Letakkan aroma itu di sebuah tisu kemudian dekatkan pada hidung.

Meski bukan suatu kondisi yang parah, tapi sebagian wanita bisa mengalami hyperemesis gravidarum. Hyperemesis gravidarum adalah kondisi di mana wanita hamil muntah secara terus-menerus hingga menyebabkan dehidrasi. Jika Anda mengalami kondisi itu, lebih baik segera periksa ke dokter.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru