kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,72   2,08   0.22%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Kulit Salak yang Kaya Antioksidan hingga Vitamin, Bisa Cegah Diabetes


Rabu, 07 Juni 2023 / 13:53 WIB
5 Manfaat Kulit Salak yang Kaya Antioksidan hingga Vitamin, Bisa Cegah Diabetes
ILUSTRASI. 5 Manfaat Kulit Salak yang Kaya Antioksidan hingga Vitamin, Bisa Cegah Diabetes. KONTAN/Muradi/2019/07/19


Penulis: Bimo Kresnomurti

Manfaat Kulit Salak. Manfaat kulit salak yang banyak khasiatnya untuk tubuh. Buah salak menjadi salah satu buah yang populer di kalangan masyarakat.

Tentu, masyarakat biasa mengonsumsi buah ini mulai dari bagian dagingnya saja. Ternyata, ada banyak manfaat kulit salak yang belum diketahui.

Kulit salak merupakan bagian luar yang berbentuk kulit untuk melindungi daging buah salak. Kulit ini memiliki tekstur kasar dengan sisik-sisik yang menutupi buah salak.

Meskipun kulit salak umumnya tidak dimakan, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kulit salak memiliki manfaat kesehatan tertentu.

Baca Juga: Daftar Buah-Buahan yang Baik Buat Kesehatan Gigi dan Mulut

Kandungan gizi dan manfaat Buah Salak

Dalam Buku Kulit Salak: Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh oleh Ermi Girsang menjelaskan penelitian kandungan gizi dan manfaat buah Salak.

Bagian limbah ini biasanya tidak terpakai lagi, namun kulit buah salak mengandung nilai gizi berupa kadar protein, kadar karbohidrat, kadar air,serta rendah lemak.

Bahkan, Kulit buah ini juga mengandung senyawa yang berguna sebagai antibakteri bagi tubuh manusia. Dalam uji fitokimia menunjukkan bahwa daging dan kulit buah salak mengandung senyawa flavonoid, tanin, dan alkaloid.

Tentunya, kandungan kulit salak ini punya manfaat baik dalam memenuhi kebutuhan antioksidan bagi tubuh.

Cara konsumsi kulit salak

Kulit salak umumnya tidak dimakan secara langsung karena teksturnya yang kasar dan keras dengan cara berikut:

  • Air Kulit Salak: Untuk membuat infus air kulit salak, rebus kulit salak dalam air mendidih selama beberapa menit. Setelah itu, saring airnya dan minum sebagai teh. Infus kulit salak diketahui memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan.
  • Kulit Salak dalam Jus: Anda dapat menambahkan kulit salak yang sudah diblender atau dihaluskan ke dalam jus buah atau smoothie Anda. Hal ini akan menambahkan kandungan serat dan nutrisi dari kulit salak dalam minuman Anda.
  • Campuran dalam Makanan: Anda juga dapat mencampurkan kulit salak yang sudah dihaluskan ke dalam makanan seperti yoghurt, sereal, atau salad. Hal ini akan memberikan tekstur yang menarik dan manfaat kesehatan tambahan.

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi

Simak beberapa kandungan gizi dan Manfaat kulit salak bagi kesehatan tubuh dirangkum dari sumber yang sama.

Manfaat kulit salak untuk kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat kulit salak yang punya banyak khasiat untuk kesehatan:

1. Kandungan Antioksidan

Kulit salak mengandung senyawa polifenol dan flavonoid, yang memiliki aktivitas antioksidan. Bagian kulit dari buah ini ditemukan banyak kandungan antiokasidan.

Sumber antioksidan membantu melawan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

Anda bisa memulainya dengen merebus kulit salak dan dikonsumsi secara rutin.

2. Serat Pangan

Kulit salak mengandung serat pangan yang tinggi. Serat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengatur pencernaan, dan mencegah sembelit.

Anda bisa mengkonsumsi serat yang cukup juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, mengontrol kadar gula darah, dan meningkatkan rasa kenyang.

Sehingga, dengan manfaat kulit salak yang dikonsumsi secara rutin bisa mengurangi risiko terkena diabetes.

3. Sumber Vitamin dan Mineral

Manfaat Kulit salak juga membantu untuk memenuhi sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh.

Ini termasuk vitamin C, vitamin A, vitamin B6, zat besi, dan kalium. Vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu produksi kolagen.

Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan kulit, sedangkan vitamin B6 berperan dalam metabolisme energi. Zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah, dan kalium penting untuk fungsi otot dan keseimbangan elektrolit.

4. Anti-inflamasi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kulit salak memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa-senyawa dalam kulit salak dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang berperan dalam pencegahan penyakit inflamasi seperti arthritis dan penyakit radang usus.

Meskipun kulit salak memiliki manfaat kesehatan, perlu dicatat bahwa kulit salak memiliki rasa yang pahit dan keras.

5. Obat diare

Terakhir manfaat lain adalah untuk mengatasi sakit diare, kandungan senyawa tanin, saponin, fllavonoid, dan zat besi dapat digunakan sebagai obat diare.

Pastikan Anda bisa konsultasikan ke dokter yang menangani apabila ingin mencoba olahan kulit salak. Oleh karena itu, tidak semua orang mungkin menikmati mengonsumsinya langsung.

Anda juga bisa mencari beberapa olahan kulit salak yang siap dikonsumsi seperti teh kulit salak yang sudah uji lab dan diproduksi massal. Bahkan, ada juga olahan kulit salak dengan memasukkannya ke dalam jus atau pengolahan makanan lainnya.

Penting untuk memastikan bahwa kulit salak yang digunakan bersih dan bebas dari bahan kimia atau pestisida yang berbahaya. Cuci kulit salak dengan baik sebelum digunakan.

Apabila memiliki alergi atau sensitivitas terhadap kulit salak, sebaiknya hindari mengonsumsinya dan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu.

Demikian beberapa informasi terkait kandungan gizi dan manfaat kulit salak untuk diabetes hingga sumber vitamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×