kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat ketumbar terbaik untuk kesehatan Anda


Selasa, 20 Oktober 2020 / 11:52 WIB
5 Manfaat ketumbar terbaik untuk kesehatan Anda
ILUSTRASI. Ada banyak manfaat ketumbar untuk kesehatan. Foto wikimedia.org


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketumbar adalah salah satu jenis rempah yang biasanya digunakan dalam berbagai masakan, seperti sup, kari, dan lain-lain. Selain membuat masakan menjadi lezat, ketumbar juga memiliki banyak manfaat. Manfaat ketumbar berikut ini bisa dirasakan oleh tubuh saat Anda mengonsumsinya secara rutin.

Menurunkan Gula Darah

Ketumbar bisa dimanfaatkan untuk menurunkan gula darah sehingga resiko penyakit diabetes juga ikut berkurang. Mengutip dari Healthline (healthline.com), ketumbar dapat meningkatkan aktivitas enzim sehingga banyak gula darah yang terbuang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ketumbar memiliki efek yang sama dengan pengobatan gula darah, yaitu glibenclamide. Tikus obesitas dengan gula darah tinggi diberi satu dosis ketumbar (20 mg per kg). Hasilnya, gula darah turun sebanyak 4 mmol/L dalam waktu enam jam.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem imun tubuh merupakan faktor penting yang menjaga tubuh agar tak mudah terserang penyakit. Hal itu bisa ditingkatkan jika Anda rutin mengonsumsi ketumbar. Antioksidan dalam ketumbar berfungsi untuk meredakan inflamasi dan melawan radikal bebas.

Baca Juga: 7 Manfaat bayam untuk kesehatan: Bagus untuk tulang dan kehamilan

Selain meningkatkan sistem imun tubuh, manfaat ketumbar lainnya adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Tak hanya itu, jenis rempah ini juga memiliki neuroprotective effect yang bisa melindungi sistem saraf Anda.

Menjaga Kesehatan Jantung

Healthline mengatakan bahwa ketumbar juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan dalam ketumbar mampu berperan sebagai diuretik sehingga sodium dan air berlebih dalam tubuh bisa dikeluarkan. Artinya, tekanan darah Anda juga bisa berkurang.

Tak hanya itu, jumlah kolesterol jahat (LDL) Anda akan berkurang saat mengonsumsi ketumbar secara rutin. Sedangkan kolesterol baik atau HDL akan meningkat. Dengan begitu, kesehatan jantung Anda akan tetap terjaga.

Baca Juga: 6 Manfaat buah naga untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Melawan Infeksi

Ketumbar juga bisa Anda manfaatkan untuk melawan infeksi penyakit. Antimikroba dalam ketumbar berfungsi untuk melawan berbagai jenis infeksi, salah satunya infeksi saluran kencing. Tak hanya itu, ketumbar juga bisa melawan infeksi Salmonella, bakteri penyebab keracunan makanan.

Melindungi Kulit

Manfaat ketumbar lain yang disebutkan oleh Healthline adalah kemampuannya untuk melindungi kulit. Selain bisa meningkatkan sistem imun tubuh, antioksidan dalam ketumbar juga berperan untuk mencegah tanda-tanda penuaan dan melindungi kulit dari sinar UVB.

Selanjutnya: ​7 Manfaat buah jeruk: bantu lawan radikal bebas dan tingkatkan imun tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×