kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat jagung untuk kesehatan, bisa untuk menggemukkan badan


Selasa, 17 November 2020 / 08:54 WIB
5 Manfaat jagung untuk kesehatan, bisa untuk menggemukkan badan
ILUSTRASI. Ada banyak manfaat jagung yang berguna untuk kesehatan tubuh. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/hp.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jagung merupakan salah satu sumber makanan bergizi karena mengandung banyak nutrisi. Mulai dari antioksidan, vitamin, mineral, dan serat. Manfaat jagung bisa dirasakan tubuh Anda saat Anda mengonsumsinya secara rutin. Berikut ini kegunaan jagung yang bisa Anda dapat.

Menurunkan Resiko Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Hasilnya, beberapa bagian tubuh mengalami kekurangan oksigen. Tubuh menjadi lebih mudah lelah, pucat, pusing, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi jagung secara rutin. Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), jagung mengandung banyak vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang berguna untuk memproduksi sel darah merah.

Penambah Energi

Saat mengonsumsi jagung secara rutin, energi tubuh Anda akan bertambah. Jagung mengandung banyak karbohidrat kompleks yang mampu memperlambat proses pencernaan. Artinya, sumber makanan ini memberikan energi yang lebih lama.

Baca Juga: Ini manfaat sereal bagi tubuh

Dalam segelas jagung, Anda bisa mendapat 29 g karbohidrat. Faktanya, jagung tak hanya menambah energi fisik, tapi juga mampu meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf dalam tubuh.

Menggemukkan Badan

Apakah Anda sedang mencari cara menggemukkan badan? Jika iya, memasukkan jagung dalam menu makan sehari-hari bisa jadi pilihan. Alih-alih mengonsumsi junk food yang penuh dengan kolesterol jahat, Anda bisa mengonsumsi jagung yang kaya vitamin dan serat.

Cocok untuk Penderita Diabetes

Salah satu manfaat jagung adalah cocok dikonsumsi penderita diabetes.

NDTV Food mengatakan bahwa jagung manis mampu memperlancar aliran darah, menurunkan penyerapan kolesterol, dan mengontrol insulin. Hal itu menjadi alasan mengapa jagung cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes dan pemilik kolesterol tinggi.

Vitamin B1, vitamin B5, dan vitamin C mampu melawan penyait-penyakit tersebut dan memproduksi sel baru. Serat dalam jagung juga berguna untuk menurunkan jumlah kolesterol sehingga jumlah gula darah penderita diabetes pun ikut berkurang.

Baca Juga: Bisa mengatasi sakit perut, inilah 5 manfaat daun mint

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jagung lainnya yang bisa dirasakan tubuh Anda berasal dari vitamin C dan antioksidan. Kandungan tersebut mampu meningkatkan produksi kolagen dan melawan radikal bebas penyebab masalah kulit.

Selain dikonsumsi, jagung dalam bentuk minyak juga bisa digunakan secara langsung di kulit Anda. Ada banyak produk perawatan kulit yang menggunakan jagung sebagai bahan dasar. Pilihlah produk-produk perawatan yang sesuai dengan tipe kulit Anda.

Selanjutnya: 7 Manfaat bayam untuk kesehatan: Bagus untuk tulang dan kehamilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×