kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,59   -6,76   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat bayam untuk kesehatan tubuh Anda


Jumat, 13 November 2020 / 07:54 WIB
5 Manfaat bayam untuk kesehatan tubuh Anda
ILUSTRASI. Ada banyak manfaat bayam yang berguna untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi. Mulai dari vitamin A, magneisum, vitamin C, zat besi, dan vitamin K. Kandungan tersebut membuat manfaat bayam sangat banyak dan bisa dirasakan tubuh Anda saat dikonsumsi secara rutin.

Memperkuat Tulang

Banyaknya kandungan K dalam bayam mampu meningkatkan produksi osteocalc. Osteocalc adalah salah satu jenis protein yang bertugas untuk menyeimbangkan jumlah kalsium dalam tulang.

Selain vitamin K, NDTV Food (food.ndtv.com) mengatakan bahwa bayam juga memiliki banyak kalsium, serat, vitamin D, vitamin C, dan magnesium. Artinya, mengonsumsi bayam bisa membuat kesehatan tulang Anda meningkat.

Menyehatkan Mata

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang memegang peranan penting. Maka dari itu, kesehatannya perlu dijaga. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi bayam secara rutin. Ada banyak kandungan bernutrisi yang ada dalam bayam, misalnya beta karoten dan lutein.

Baca Juga: 7 Manfaat bayam untuk kesehatan: Bagus untuk tulang dan kehamilan

Lutein tersimpan dalam makula yang ada di retina yang berfungsi sebagai tabir surya alami. Dengan begitu, mata akan terlindungi dari cahaya yang berbahaya untuk kesehatan. Manfaat bayam lainnya adalah berguna untuk mengurangi resiko degenerasi makular.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat bayam adalah menjaga kesehatan jantung manusia.

Tak hanya menjaga kesehatan kulit dan mata, vitamin C dalam bayam juga berguna untuk mencegah resiko penyakit jantung. Manfaat itu masih dimaksimalkan dengan kehadiran lutein yang mampu mencegah penebalan dinding arteri.

Artinya, resiko serangan jantung pun bisa menurun. Selain itu, bayam jug amengandung nitrit yang berguna untuk mengobati penyakit jantung, apalagi sakit jantung yang berkaitan dengan pengendapan lemak.

Baca Juga: 5 Manfaat ketumbar terbaik untuk kesehatan Anda

Menambah Energi

Jika Anda merasa sering kekurangan energi, mengonsumsi bayam bisa jadi pilihan. Jenis sayuran itu mengandung banyak magnesium yang bisa menghasilkan banyak energi. Tak hanya itu, bayam juga mengandung banyak folat sehingga Anda bisa melakukan banyak aktivitas.

Melawan Infeksi Bakteri dan Virus

NDTV Food mengatakan bahwa vitamin A dalam bayam berguna untuk melawan berbagai macam serangan virus dan bakteri. Tak hanya itu, vitamin A juga bermanfaat untuk memproduksi sebum sehingga kulit tak rambut Anda tak mudah kering.

Selanjutnya: 5 Manfaat tomat terbaik untuk kesehatan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×