5 Makanan yang bisa jadi penyebab diabetes, apa saja?

Jumat, 09 Juli 2021 | 12:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Makanan yang bisa jadi penyebab diabetes, apa saja?

ILUSTRASI. Anda perlu mewaspadai beberapa jenis makanan karena bisa jadi penyebab diabetes.


KONTAN.CO.ID - Diabetes adalah salah satu penyakit dengan jumlah gula darah dalam tubuh terlalu banyak. Tentu saja Anda perlu mewaspadai penyebab diabetes agar kondisi kesehatan tubuh tetap terjaga.

Nah, salah satu penyebab penyakit itu adalah makanan atau minuman yang Anda konsumsi.

Jika diabetes tidak Anda atasi dengan baik, ada banyak risiko kesehatan lain yang bisa Anda alami. Mulai dari penyakit jantung, kebutaan, penyakit ginjal, dan masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

Untuk menghindari kondisi kesehatan yang lebih parah, Anda perlu mengatur menu makan sehari-hari.

Jangan lupa pula untuk selalu berkonsultasi dengan dokter. Selain menghindari makanan-makanan ini, dokter biasanya akan memberikan saran makanan lain yang lebih sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Makanan yang mengandung lemak trans

Lemak trans adalah salah satu jenis lemak yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Ada banyak makanan yang bisa jadi sumber lemak trans. Mulai dari selai kacang, krimer, margarin, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, lemak trans tak langsung meningkatkan jumlah gula darah. Namun, mengonsumsi lemak trans bisa meningkatkan risiko inflamasi dalam tubuh, penumpukan lemak di sekitar perut, dan resistensi insulih.

Hal itulah yang berpengaruh pada jumlah gula darah Anda.

Baca Juga: Inilah 4 penyebab kaki bengkak yang bisa Anda alami

Yogurt dengan rasa buah

Yogurt yang diberi perasa tambahan bisa jadi salah satu penyebab diabetes, lo. Mengutip dari Healthline, sebaiknya konsumsi plain yoghurt jika Anda memang ingin mengonsumsi produk olahan susu tersebut.

Buah kering

Makanan lain yang perlu dihindari penderita diabetes adalah buah kering. Selama proses pembuatan buah kering, jumlah gula dalam buah mengalami peningkatan sehingga tak baik untuk tubuh.

Alih-alih mengonsumsi buah kering, cobalah untuk mengonsumsi buah lain dengan kandungan kalori yang lebih rendah.

Baca Juga: Coba 5 makanan untuk tekanan darah rendah ini, yuk

Kentang goreng

Kentang goreng termasuk salah satu makanan penyebab diabetes.

Kentang goreng jadi makanan penyebab diabetes berikutnya yang perlu Anda waspadai. Mengonsumsi jenis makanan itu dapat meningkatkan risiko peradangan dalam tubuh yang mana membuat jumlah gula darah meningkat.

Makanan ringan

Melansir Healthline, makanan ringan dalam kemasan perlu dihindari oleh penderita diabetes. Kandungan karbo dalam makanan ringan itu bisa terserap tubuh dengan lebih cepat.

Dengan begitu, jumlah gula darah pun dapat meningkat dalam waktu singkat.

Selanjutnya: 5 Penyebab diare yang sebaiknya tidak Anda abaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru