Inilah 4 penyebab kaki bengkak yang bisa Anda alami

Kamis, 01 Juli 2021 | 13:56 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 penyebab kaki bengkak yang bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada beberapa faktor yang jadi penyebab kaki bengkak./Pho KONTAN.Carolus Agus Waluyo/04/06/2012.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kaki bengkak merupakan kondisi yang biasa terjadi. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Jika terus dibiarkan, kaki bengkak bisa menyebabkan masalah yang lebih serius. Supaya perawatan yang tepat bisa Anda dapat, Anda perlu mengetahui penyebab kaki bengkak.

Anda bisa mengalami kaki bengkak setelah berjalan atau berdiri terlalu lama. Nah, Anda berisiko mengalami masalah kesehatan yang lebih serius jika kaki bengkak dibarengi dengan gejala lain yang lebih serius.

Saat mengalami kaki bengkak, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan dan menganilas gejala yang Anda alami. Setelah itu, dokter akan memberikan diagnosa dan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Infeksi

Melansir Web MD (webmd.com), kaki bengkak bisa terjadi akibat infeksi. Apalagi jika Anda menderita diabetes, penyakit yang berhubungan dengan sistem saraf, atau kondisi kesehatan yang lain. Kaki bengkak karena infeksi bisa semakin parah dalam waktu singkat. Jadi, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Cara mengatasi ambeien pada ibu hamil tanpa obat

Hamil

Penyebab kaki bengkak selanjutnya adalah kehamilan. Sebenarnya, kondisi itu merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, kaki bengkak juga bisa jadi tanda tekanan darah tinggi atau jumlah protein dalam urin yang bertambah.

Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi kaki bengkak yang Anda alami. Apalagi jika kemunculannya dibarengi dengan masalah kesehatan lain. Misalnya, sering buang air kecil, sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah termasuk penyebab kaki bengkak lainnya yang bisa Anda alami. Bentuk pembuluh darah tertentu dapat mengganggu aliran darah dari kaki ke bagian tubuh atas. Akibatnya, penggumpalan darah pun terjadi.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri gula darah tinggi, Anda mesti waspada!

Cedera

Cedera termasuk salah satu penyebab kaki bengkak.

Melansir Web MD, cedera juga bisa menyebabkan kaki bengkak. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kaki bengkak akibat cedera. Pertama, usahakan untuk tidak menggunakan kaki secara berlebihan.

Kedua, istirahatkan kaki dan gunakan kompres dingin agar pembengkakan dapat berkurang. Ketiga, gunakan perban khusus supaya pergelangan kaki tak terlalu bengkak. Keempat, angkat kaki di atas bantal.

Selanjutnya: Mudah dilakukan, ini manfaat mengangkat kaki ke tembok untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru