kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 kegunaan cuka apel untuk kesehatan selain mengatasi masalah kulit


Jumat, 27 November 2020 / 08:36 WIB
5 kegunaan cuka apel untuk kesehatan selain mengatasi masalah kulit
ILUSTRASI. Salah satu kegunaan cuka apel adalah menurunkan berat badan Anda.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagian orang sudah tak asing dengan cuka apel. Bahan tersebut digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Namun, tahukah Anda bahwa kegunaan cuka apel juga bermanfaat untuk kondisi kesehatan yang lain? Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapat dari cuka apel.

Menurunkan Berat Badan

Cuka apel mengandung kalori yang sangat sedikit sehingga cocok dipakai sebagai cara menurunkan berat badan. Mengonsumsi satu sendok makan cuka apel secara rutin mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh Anda.

Meski demikian, masih belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut. Jadi, ada baiknya agar Anda melakukan pola hidup sehat lainnya agar berat badan benar-benar turun. Jangan lupa untuk mengatur asupan nutrisi dan melakukan olahraga secara rutin.

Mengatasi Diabetes

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), mengonsumsi makanan yang dicampur dengan 2 sdm cuka apel mampu mengurangi postprandial glycemia sebanyak 20%. Postprandial glycemia adalah lonjakan gula darah yang terjadi setelah makan.

Baca Juga: Cuka apel untuk wajah bisa memberikan 5 manfaat ini

Hal itu menunjukkan bahwa cuka apel cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi bahan tersebut secara rutin. Hal itu dilakukan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Mengurangi Inflamasi

Kegunaan cuka apel lainnya untuk kesehatan Anda adalah bahan tersebut mampu mengurangi inflamasi atau peradangan. Misalnya, artritis reumatoid atau multiple sclerosis. Selain meredakan peradangan, cuka apel juga mampu mengurangi gejala lain yang Anda alami.

Mengatasi Eksim

Salah satu masalah kulit yang bisa diatasi dengan cuka apel adalah eksim. Mengutip dari Everyday Health, sebuah penelitian yang menggunakan tikus percobaan membuktikan hal tersebut. Kulit tikus yang mengalami eksim diberi krim asam yang terbuat dari cuka.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan kerutan di bawah mata dengan bahan alami

Hasilnya, bagian kulit yang bermasalah berkurang. Tak hanya itu, krim cuka yang dipakai mampu meningkatkan skin barrier karena kulit lebih terhidrasi. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat cuka apel selanjutnya adlaah mampu menurunkan kolesterol berlebih dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan pada tikusobesitas menunjukkan bahwa antioksidan dalam cuka apel yang dikonsumsi setiap hari mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida. Artinya, kesehatan jantung Anda juga ikut terjaga.

Selanjutnya: 4 Manfaat buah apel ini tidak boleh Anda abaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×