Kecantikan & Kebugaran

Cuka apel untuk wajah bisa memberikan 5 manfaat ini

Kamis, 19 November 2020 | 10:23 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cuka apel untuk wajah bisa memberikan 5 manfaat ini

ILUSTRASI. Cuka apel untuk wajah bisa digunakan untuk mengobati jerawat.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cuka apel banyak dipakai untuk merawat wajah karena adanya kandungan asam asetat. Asam asetat berfungsi sebagai antibakteri dan antibakteri yang mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit. Berikut ini manfaat cuka apel untuk wajah yang bisa Anda dapat.

Menyamarkan Kerutan

Semakin bertambahnya usia, produksi kolagen kulit menjadi berkurang. Hal itu memunculkan banyak tanda-tanda penuaan, salah satunya kerutan. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa hal itu bisa diatasi dengan memakai cuka apel.

Cuka apel bisa Anda gunakan sebagai toner atau pembersih wajah. Saat menggunakan cuka apel sebagai toner, kulit wajah akan mengencang. Tak hanya itu, kulit juga bisa terjaga dari polusi berbahaya.

Mengobati Jerawat

Bagi Anda yang memiliki tipe kulit mudah berjerawat, menggunakan cuka apel bisa jadi pilihan. Kandungan antimikroba dalam cuka apel mampu mencegah infeksi bakteri dari sebum berlebih yang menyumbat pori-pori wajah. Untuk hasil yang maksimal, gunakan cuka apel dalam perawatan kulit sehari-hari.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan noda hitam di wajah dengan bahan alami

Mengatasi Sunburn

Cuka apel untuk wajah juga bermanfaat untuk mengatasi sunburn atau kulit terbakar akibat sinar matahari. Anda bisa mencampur cuka apel dengan air untuk mendapat manfaat itu. Meski demikian, Healthline mengatakan bahwa belum banyak penelitian yang membuktikan hal itu.

Bisa Dipakai untuk Eksfoliasi

Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan berbagai macam masalah. Mulai dari kulit yang terlihat kusam, komedo, jerawat, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan cuka apel untuk eksfoliasi atau membersihkan sel kulit mati.

Salah satu jenis asam dalam cuka apel yang bertugas untuk melakukan fungsi tersebut adalah asam malat. Asam malat akan membersihkan lapisan kulit paling luar sehingga kondisi kulit Anda bisa tetap terjaga.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan kutil memakai bahan alami

Menghilangkan Kutil

Selain manfaat cuka apel untuk wajah yang telah disebutkan, cuka apel juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutil. Meski tak berbahaya, kemunculan kutil mampu mengganggu penampilan Anda, apalagi jika berada di bagian tubuh yang mudah terlihat.

Cuka apel akan membuat kutil mengering sehingga bisa lepas dari kulit. Healthline mengingatkan bahwa belum ada penelitian yang mampu membuktikan fungsi tersebut. Jadi, Anda perlu berhati-hati dalam jika ingin menggunakannya untuk menghilangkan kutil.

Selanjutnya: 4 Masker jerawat dari bahan yang ada di rumah

Editor: Belladina Biananda


Terbaru