kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,63   -7,86   -0.85%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menghilangkan kutil memakai bahan alami


Rabu, 04 November 2020 / 07:01 WIB
4 Cara menghilangkan kutil memakai bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski tak berbahaya, banyak orang yang ingin menghilangkan kutil. Apalagi jika kemunculannya berada di bagian tubuh yang mudah terlihat oleh orang lain. Ada banyak cara menghilangkan kutil yang bisa Anda coba. Mulai dari operasi medis hingga memakai bahan-bahan alami.

Kutil biasanya muncul di lipatan leher, ketiak, kelopak mata, selangkangan, atau bagian tubuh lainnya. Penyebab kutil memang belum bisa ditentukan secara pasti. Namun, Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa kemunculannya berawal dari gesekan di kulit.

Ada beberapa faktor resiko yang meningkatkan kemunculan kutil pada seseorang. Faktor yang dimaksud adalah usia tua, kelebihan berat badan, dan diabetes. Selain menghindari resiko tersebut, bahan alami berikut juga bisa dicoba untuk menghilangkan kutil.

Tea Tree Oil

Tea tree oil merupakan salah satu bahan alami yang mengandung antivirus dan antijamur sehingga cocok digunakan untuk menyelesaikan masalah kulit. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Baca Juga: Luar biasa, ini manfaat kulit pisang yang sering diabaikan

Pertama, bersihkan area kutil. Setelah itu, aplikasikan tea tree oil menggunakan kapas lalu tutup kutil dengan perban selama semalaman. Anda perlu mengulangi cara itu beberapa kali sampai kutil mengering dan terlepas dari kulit.

Kulit Pisang

Cara menghilangkan kutil selanjutnya yang direkomendasikan Healthline adalah menggunakan kulit pisang. Kandungan dalam kulit pisang berguna untuk mengeringkan kutil sehingga kutil bisa lepas lebih mudah.

Caranya, tempelkan kulit pisang pada kutil lalu tutup dengan perban. Biarkan kulit pisang menempel selama semalam hingga kutil benar-benar lepas dari kulit. Jika dalam waktu semalam kulit belum lepas, Anda bisa melakukannya beberapa kali.

Cuka Apel

Kutil juga bisa Anda hilangkan menggunakan cuka apel. Zat asam dalam cuka apel berfungsi untuk memecah jaringan di sekitar kutil. Seiring berjalannya waktu, kutil akan mengering dan terlepas dari kulit.

Baca Juga: 3 Gejala kanker kulit beserta cara mencegahnya

Sama seperti memakai tea tree oil, Anda perlu mengoleskan cuka apel pada daerah kutil yang telah dibersihkan. Setelah itu, tutup dengan perban lalu diamkan selama 15 hingga 30 menit lalu bilas dengan air. Ulangi cara ini setiap hari selama beberapa minggu.

Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutil.

Selain menyedapkan rasa makanan, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil. Caranya, remukkan bawang putih terlebih dahulu lalu balurkan ke daerah kutil. Tutup dengan perban selama semalam lalu bilas dengan air di pagi hari. Anda bisa mengulangi cara tersebut beberapa kali.

Selanjutnya: Cara mudah hilangkan kutil tanpa operasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×