kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Gejala kanker kulit beserta cara mencegahnya


Minggu, 27 September 2020 / 08:30 WIB
3 Gejala kanker kulit beserta cara mencegahnya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gejala kanker kulit biasanya muncul pada bagian kulit yang cukup sering terkena paparan sinar matahari. Jenis kanker ini bisa muncul di kulit kepala, wajah, telinga, tangan, dan kaki. Anda perlu melakukan upaya pencegahan agar terhindar dari kanker kulit.

Meski kanker kulit biasa terjadi di bagian yang sering terpapar sinar matahari, Mayo Clinic mengatakan bahwa kanker ini juga bisa muncul di bagian kulit lain. Misalnya, di telapak tangan atau sekitar kuku. Kanker kulit memiliki beberapa tipe dan gejala yang muncul pun cukup berbeda.

Dengan mengetahui tipe kanker kulit berikut ini, diharap Anda menjadi lebih waspada terhadap tanda-tanda yang muncul. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengobatan dan perawatan lebih cepat dan tepat.

Basal Cell Carcinoma

Basal cell carcinoma terjadi pada daerah kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti leher atau wajah. Gejala kanker kulit yang muncul berupa benjolan, luka, atau koreng yang terus muncul dan sembuh.

Baca Juga: Bunuh diri di Korea Selatan naik, kanker tetap jadi penyebab utama kematian di 2019

Squamos Cell Carcinoma

Sama seperti basal cell carcinoma, squamos cell carcinoma juga biasa muncul di daerah kulit yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, telinga, dan tangan. Namun, bagi pemilik kulit berwarna gelap, tipe kanker kulit ini bisa muncul di bagian yang tak terlalu sering terpapar sinar matahari.

Bentuk kanker kulit yang muncul berupa benjolan seperti jerawat merah. Selain itu, benjolan dikelilingi oleh kulit kering dan bersisik.

Melanoma

Mayo Clinic mengatakan, melanoma merupakan tipe kanker kulit yang bisa muncul di seluruh bagian tubuh. Gejala kanker kulit ini adalah bercak cokelat atau gelap yang lebar, tahi lalat yang berubah warna dan ukuran, dan muncul luka berwarna merah, merah muda, putih, atau biru.

Cara Menghindari Munculnya Gejala Kanker Kulit

Gejala kanker kulit bisa masih bisa dicegah dengan beberapa cara berikut:

  • Hindari Paparan Sinar Matahari

Kebanyakan kanker kulit muncul akibat kulit mendapat paparan sinar matahari yang terlalu banyak. Untuk mencegahnya, Anda perlu melindungi diri dari paparan sinar matahari, apalagi sinar matahari di siang hari.

Baca Juga: Kurangi konsumsi 5 bahan minuman dan makanan penyebab kanker usus

  • Pakai Sunscreen

Saat melakukan kegiatan di luar ruangan, usahakan untuk menggunakan sunscreen agar gejala kanker kulit tak muncul.

Cara mencegah munculnya gejala kanker kulit yang bisa Anda usahakan adalah dengan selalu menggunakan sunscreen. Pakai sunscreen dengan SPF 30 saat melakukan kegiatan di luar ruangan meski cuaca sedang mendung.

Saat Anda melakukan kegiatan di luar ruangan dalam jangka waktu lama, gunakan sunscreen tiap dua jam sekali. Pakai sunscreen di seluruh bagian tubuh, termasuk tepi bibir, telapak tangan, hingga ujung telinga.

  • Cek Kondisi Kulit Secara Rutin

Mayo Clinic menyarankan Anda untuk selalu melakukan cek pada kondisi kulit. Perhatikan apakah ada gejala kanker kulit yang muncul, misalnya tahi lalat atau tanda lain. Jika Anda merasa ada yang berbeda dari kondisi kulit Anda, segera konsultasikan ke dokter.

Selanjutnya: Kanker serviks, ini gejala, penyebab, dan cara pencegahannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×